Site icon SEMBILAN NEWS

Partai Politik Dari Setiap Koalisi Di Pilpres 2024

Partai Politik Dari Setiap Koalisi Di Pilpres 2024

Peta Koalisi di setiap partai terhadap calon Presiden di pilpres 2024. Kembali berubah setelah partai Demokrat benar-benar resmi bergabung dan mendukung Prabowo Subianto. Melalui Rapimnas, dengan ini Partai demokrat telah masuk ke koalisi Indonesia Maju (Kim).

Sementara itu PKB yang mula nya merupakan rekan koalisi Gerindra yang dulu nya memiliki Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya KKRI. Sekarang masuk ke Koalisi Perubahan dan persatuan KPP yang memiliki pengusung Capres bernama Anies Baswedan. Secara aturan, untuk pencalonan presiden diharuskan pengusung memiliki suara yang harus memenuhi syarat yang di atas ambang untuk pencalonan Capres dan Cawapres 2024.

Keputusan Partai Demokrat yang telah mendukung Capres Prabowo Subianto. Agar bisa mengakhir semua drama di Koalisi Perubahan dan persatuan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Kurang lebih dari sebulan untuk menjelang pendaftaran para Capres dan CawaPres ke KPU RI. Termaksud Partai PKS yang telah resmi mendukung penuh untuk pasangan Anies Baswedan Dan Cak Imin.

Pasangan Calon yang akan di usul oleh partai politik agar bisa bergabung dengan Partai Politik peserta pemilu yang memenuhi Persyaratan untuk mendapatkan kursi DPR mencapai 20 Persen dari jumlah kursi yang harus bisa memperoleh 25 persen dari suara dah secara nasional pada pemilu untuk anggota DPR.

“Tiga koalisi parpol pengusung Anies, Ganjar, dan Prabowo. Saat ini tercatat sudah memenuhi syarat yang telah di minta oleh PKU atas pencalonan presiden dan wakil presiden RI tersebut. “Dalam pertemuan itu, Yang di bahas dalam koalisi Indonesia Maju, kedatangan AHY Dan SBY untuk mendukung capres Prabowo Subianto,” katanya.

Telah terjadi hari ini adalah membuat kita bangga, banyak sekali sesuatau yang telah kita buat bangga, sehingga bisa membuat kita kuat. Di tambah kembali sesuatu yang membuat kita tambah semangat, Mulai dari sekarang kita bisa bekerja sama dengan saudara-saudara kita dari partai Demokrat di seluruh Indonesia sebagai salah satu tempat untuk memperjuangan dari partai yang telah bergabung dari Koalisi Indonesia Maju.

Anies Baswedan

Beliau merupakan calon presiden yang telah di usung oleh Koalisi Perubahan Untuk Persatuan KPP. Sejauh ini, Koalisi perubahan yang telah di persiapkan oleh Tiga Partai politik Parlemen. Di Koalisi Perubahan dan Persatuan di partai NasDem Dengan 59 Kursi ddi parlemen, Partai PKB memiliki 58 Kursi dan 50 Kursi yang Milik oleh Partai PKS.

Dengan ada dukungan ke tiga partai untuk Anies Baswedan itu mengalami penyesuaian usai Partai Demokrat Hengkang. Tetapi telah berhasil menggantikan nya Partai PKB, alasan Demokrat keluar dari koalisi, Partai Demokrat merasakan di khianati oleh Partai NasDem yang telah mengambil keputusan sepihak saja dengan bergabung Partai PKB.

Usai PKB yang sudah resmi bergabung di Koalisi Perubahan Persatuan, suara yang telah di dapatkan menjadi bertambah secara derastis. Mereka melalui mekanisme internal dulu yakni ketika sidan Majelis Syuro. Dukungan dari tidak partai itu cukup bagi Anies agar bisa melenggang di Pilpres 2024, dengan begitu memiliki 167 Kursi Parlemen.

Partai Politik dari setiap Koalisi dari Pilpres 2024.

Baca Juga : Jalan Pagi Bareng Ganjar, HT: Penting Itu Pemimpin Sehat

Prabowo Subianto

Usai mengalami dan menimpah dinamika Politik dengan keluar nya Partai PKB. Kompisisi Koalisi Prabowo turut berganti, Telah tiba saat nya, Prabowo telah di dukung oleh Empat Partai Politik di Parlemen, Yakni partai Gerindra telah berhasil mendapatkan 8 kursi di Parlemen, adapun 88 kursi yang telah di miliki oleh partai Golkar, dan Partai Demokrat 55 kursi dan Partai PAN sebanyal 46 Kursi Di DPR.

Jika digabungkan, lebih pasti nya Prabowo telah memenuhi Syarat agar bisa bertanding di Ajang Pilpres 2024. Yang memiliki banyak nya kursi 261 Kursi Parlemen. Sementara itu di luar partai, Prabowo Subianto pun mendapatkan dukungan dari PBB, Garuda dan Partai Gelora. Dengan begitu Koalisi Indonesia Maju, akan lebih Unggul lagi di bandingkan dengan Koalisi-Koalisi lain nya.

Berita terbaru nya yang telah di benarkan, bahwasan nya Partai PSI dan Prima juga telah di isukan akan merapat dan mendukung Prabowo. Kedua elit partai tersebut turut hadir dalam Rapimnas Demokrat yang menjadi momentum dukungan nya kearah Prabowo Subianto.

Ganjar Pranowo

Ketiga Capres yang memiliki Koalisi masing-masing, Ganjar Pranowo yang telah di usung dari partai yang tanpa Koalisi dengan Partai lain. Sebab, PDIP telah berhasil mengantongi Kursi DPR terbanyak di Parlemen. Meski demikian, ada juga partai lain Seperti PPP dan perindo yang selalu setia untuk mendukung Capres Ganjar Pranowo.

Ada bila di total, Ganjar memiliki 149 kursi yang siap mendukung Di Pilpres 2024. Selain itu, ada beberapa pula partai lain nya di luar parlemen yang ikut serta mendukung, seperti Partai Hanura. Dan berikut ini adalah Partai politik yang sudah bergabung di koalisi Ganjar Pranowo.

Exit mobile version