Site icon SEMBILAN NEWS

Capres Ganjar: Usul Perubahan Iklim Masuk Kurikulum Pendidikan, Ini Alasannya

Capres-Ganjar-Usul-Perubahan-Iklim-Masuk-Kurikulum-Pendidikan,-Ini-Alasannya

Capres Ganjar Pranowo nomor urut tiga, mengusulkan informasi perubahan iklim dimasukkan ke pada kurikulum pendidikan. Hal itu diungkapkan saat menjawab pertanyaan perihal upayanya supaya warga paham dan peduli perihal lingkungan.
Menurutnya, berita tersebut belum banyak dipahami oleh masyarakat lokal. Sebagai akibatnya hal itu perlu dilakukan supaya rakyat mampu paham dan peduli info lingkungan dimulai berasal sosialisasi iklim.

“Caranya melalui pendidikan, tidak ada yang lain. Bisa kita titipkan pada kurikulum guru-guru mengenai gosip perubahan iklim. Agar anak-anak muda peduli di isu itu,” ucap Ganjar. Tak hanya memperkenalkan pada kurikulum, menurut Ganjar, peran para tokoh jua penting. Ganjar pula mempunyai gagasan bahwa pengenalan gosip perubahan iklim bisa melibatkan para tokoh tata cara. Agama, sampai penggiat lingkungan.

Ganjar berharap, para tokoh tadi bisa membantu menumbuhkan kepedulian terhadap masalah lingkungan.

“Umpama kita bicara soal tenaga panel, oh ini tenaga lebih ekonomis atau kita bicara soal transisi tenaga soal sistem transportasi yg memakai baterai. Sebagai akibatnya emisi bisa dikurangi,” ucap Ganjar.

“Jadi penting edukasi, edukasi tidak terdapat yg lain,” tambahnya.

Selain itu, dalam kampanyenya di Balikpapan, Ganjar jua sempat mengunjungi grup disabilitas di loka bina Karya. Dalam kunjungannya, Ganjar mengakui bahwa pendidikan dan pekerjaan untuk gerombolan disabilitas masih sebagai problem.

menurut Ganjar, grup disabilitas wajib dilibatkan dalam tiap pengambilan keputusan yg menyangkut kebijakan publik. Beliau mengaku hal itu sudah dilakukannya selama memimpin sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Ganjar menuturkan bahwa permintaan berasal para penyandang disabilitas pun terbilang relatif sederhana. Mereka hanya ingin dimudahkan akses pendidikan hingga pekerjaan.

“Sederhana sekali ternyata apa yg sebagai permintaan mereka, ‘pak kesempatan akses pendidikan saya tolong coba dipenuhi dong pak’. ‘Kesempatan saya buat bisa bekerja menggunakan presentasi tertentu yg ada pada PNS. Di pemerintahan juga pada perusahaan, ditepati dong pak,” ungkap Ganjar.

 

Ganjar Janji Permudah Akses Pendidikan-Pekerjaan Difabel di Kalimantan

Calon presiden angka urut 3, Ganjar Pranowo, mengunjungi gerombolan disabilitas di tempat bina Karya Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam kunjungannya itu, Ganjar mengakui akses pendidikan serta pekerjaan bagi kelompok disabilitas masih menjadi problem.
“Aturan sudah terdapat, tinggal kita menepati mereka, mereka butuh suara soal itu,” ucap Ganjar.

Ganjar berkata kelompok disabilitas wajib dilibatkan pada tiap pengambilan keputusan yg menyangkut kebijakan publik. Dia mengaku hal itu sudah dilakukannya selama memimpin menjadi Gubernur Jawa Tengah.

“Maka, saya akan replikasi pengalaman mengajak mereka pada Musrenbang (Musyawarah planning Pembangunan). Serta mereka lah orang yang pertama, grup yg pertama, buat mereka bisa memberikan pendapatnya supaya pengambil keputusan selalu berorientasi di kebutuhan spesifik mereka,”  ucap Ganjar.

Ganjar mengungkapkan bahwa permintaan berasal para penyandang disabilitas pun terbilang cukup sederhana. Mereka, ucap Ganjar, hanya ingin dimudahkan akses pendidikan hingga pekerjaan.

“Sederhana sekali ternyata apa yg menjadi permintaan mereka, ‘pak kesempatan akses pendidikan aku tolong coba dipenuhi dong pak’. ‘Kesempatan aku buat mampu bekerja dengan presentasi eksklusif yang terdapat pada PNS. Pada pemerintahan maupun pada perusahaan, ditepati dong pak,” ucap Ganjar.

Ganjar mengaku akan fokus menggunakan para penyandang disabilitas. Beliau berjanji supaya gerombolan disabilitas menerima hak yang sama.

“Mereka wajib bisa menerima akses sebab prinsipnya mereka tak mau membebani kok mereka pingin mandiri. Ingin mereka bisa bekerja sendiri dan tolong aku difasilitasi,” ucapnya.

Baca Juga: Cak Imin : Mau Nganggurnya Diatasi, Bantu Perubahan Menang 

Ganjar Komitmen Lanjutkan IKN: asal Awal saya tak Pernah Bergeser

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menuju Pilpres 2024,  berkomitmen akan melanjutkan pembangunan mak Kota Nusantara (IKN). Ganjar berkata semenjak awal komitmen itu tak pernah berubah.
“Kalau saya asal awal tidak pernah bergeser. Orang dengan situasi politik mutakhir, saya form saya menggunakan IKN, mudah-mudahan wajib dilaksanakan, lanjut,” ucap Ganjar.

Ganjar berkata UU IKN sudah disahkan. Maka, berdasarkan dia, harus bagi siapapun untuk melaksanakan hukum tersebut.

“Waktu sudah menjadi UU artinya kesepakatan, serta itu telah sebagai aturan, siapapun harus hukumnya buat melaksanakan. Soal caranya orang akan bisa melakukan review setiap tahapan yg dilalui,” ucapnya.

Sebelumnya, Capres angka urut 1, Anies Baswedan menilai manfaat pembangunan mak Kota Nusantara (IKN) hanya dirasakan untuk aparatur negara daripada masyarakat. Menggunakan begitu, beliau menegaskan akan lebih mementingkan penguatan sarana fundamental buat rakyat, seperti pendidikan serta kesehatan.

Hal itu beliau sampaikan dalam acara diskusi bertajuk ‘Indonesia and the World: 1 Jam beserta Anies’ di Conference on Indonesian Foreign Policy 2023. (CIFP 2023) pada Hotel Grand Sahid. Mulanya pertanyaan disampaikan sang Mantan Wamenlu RI serta Founder Foreign Policy Community of Indonesia. (FPCI) Dino Patti Djalal yang menanyakan soal keterlibatan pihak asing di pembangunan IKN.

“Bagaimana pandangan perihal ini? Should it be part of diplomacy, big agenda, atau ini dalam negeri. Kita jaga sendiri menggunakan kemampuan kita?” tanya Dino.

Anies lantas melontarkan pertanyaan balik kepada Dino dan seluruh hadirin. “Mungkin tanya sama para Dubes (Duta besar ) juga di sini. Ada rencana pindahin tempat kerja embassy-nya atau nggak ya?,” ucap Anies.

Kemudian, Anies berkata akan dirinya akan lebih mementingkan penguatan sarana pendidikan dan kesehatan. Dia mengatakan IKN hanya dirasakan kegunaannya oleh para aparatur negara.

Kampanye pada Kaltim, Ganjar Bakal ke Kutai Kartanegara serta Samarinda

Hari ke sembilan kampanye, capres Ganjar Pranowo berkeliling Kalimantan. Ganjar dijadwalkan menyambangi Kutai Kartanegara dan Samarinda hari ini.

Ganjar akan memulai dengan jogging beserta pada Lapangan Merdeka sebelum meninggalkan Balikpapan. Pak Ganjar akan bertolak menuju Kutai Kartanegara lebih kurang pukul 08.00 WITA.

Sesampainya pada Kutai, Ganjar mengawali perjalananya ke Pasar Loa Kulu. Selepas itu,  dia dijadwalkan bertemu Sultan Kutai Kertanegara Kedaton serta Ziarah ke Makam Sulaeman.

Menjelang siang hari, Ganjar diagendakan bakal bertemu dengan tim pemenangan daerah (TPD), caleg dari partai politik koalisi pengusung. Serta unsur relawan. pertemuan itu digelar di Gedung Pencak Silat Stadion Aji Imbut.

kemudian, sekira pukul 13.50 WITA, beliau bakal bergeser ke mak kota provinsi Kaltim, Samarinda. pada situ, Ganjar akan berkunjung ke Pasar Segiri.

Setelahnya, Mantan Gubernur Jawa Tengah itu bakal menghadiri silaturahmi kebangsaan pada Aula Katedral Samarinda. Malam harinya, Ganjar bakal makan malam dengan relawan serta ‘nongkrong’ bersama milenial, generasi Z, serta influencer Samarinda.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo diketahui memulai kampanyenya pada Kalimantan menggunakan berkunjung ke beberapa daerah pada Balikpapan Kalimantan Timur.

Exit mobile version