Site icon SEMBILAN NEWS

Hasil Survei Elektabilitas 3 Capres-cawapres Jelang Debat Perdana

Hasil-Survei-Elektabilitas-3-Capres-cawapres-Jelang-Debat-Perdana

3 Calon presiden akan menjalani debat perdana hari ini. Lantas bagaimana elektabilitas ke 3 pasangan capres-cawapres jelang debat?
Diketahui debat pilpres 2024 akan dilakukan pada Gedung Komisi Pemilihan umum (KPU). Debat sendiri akan diselenggarakan sebanyak lima kali.

Jelang debat sejumlah lembaga survei merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres. Berikut hasilnya:

Litbang Kompas

Litbang Kompas merilis survei teranyar terkait elektabilitas capres-cawapres. Survei dilakukan Litbang Kompas di 29 November hingga 4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden yg dipilih secara acak.

Metode penelitian yaitu menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat pada 38 provinsi pada Indonesia. Tingkat agama 95Persen serta margin of error penelitian +-2,65Persen.

Prabowo-Gibran mendapatkan 39,3Persen suara, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) 16,7Persen serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md 15,3Persen. Sedangkan 28,7Persen belum memilih pilihannya.

Berikut elektabilitas paslon akibat survei Litbang Kompas:

Survei LSI Denny JA

sesuai forum survei LSI Denny JA merilis perolehan elektablitas teranyar pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024. Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tertinggi.
Periode survei digelar selama 20 November-tiga Desember 2023 menggunakan melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia. dengan 1.200 responden, margin of error survei ini sebesar dua.9Persen.

Survei dilakukan wawancara tatap muka dengan menggunakan survey. Selain survei menggunakan metode kuantitatif, LSI Denny JA jua memperkaya isu serta analisis dengan metode kualitatif, mirip analisis media, in-depth interview, expert judgement serta focus group discussion.

berdasarkan hasil survei simulasi kertas bunyi pemilu pilpres akhir November 2023, Prabowo-Gibran tertinggi pada nomor 42,9Persen. Posisi ke 2 Ganjar-Mahfud pada angka 24,9Persen. Posisi ketiga Anies-Muhaimin 24,0Persen.

Berikut perbandingan elektabilitas ketiga capres versi LSI Denny JA:

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, berkata Prabowo-Gibran unggul 18Persen atas Ganjar-Mahfud dan unggul 18,9Persen atas Anies-Muhaimin. Adapun selisih antara Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin sebanyak

Survei Populi Center

lembaga Survei Populi Center pula merilis survei terbaru soal elektabilitas tiga pasang capres cawapres pada Pemilu 2024. Survei memberikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul pada atas dua paslon lainnya.

Survei ini dilakukan pada 28 November hingga 5 Desember 2023. Sampel responden beredar secara proporsional pada 38 provinsi di Indonesia, termasuk pada 4 (empat) daerah otonomi Baru, yaitu Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan.

Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan memakai aplikasi survei Populi Center pada 1.200 responden yg dipilih memakai metode rambang bertingkat (multistage secara acak sampling). Margin of Error (MoE) diperkirakan ± 2,83 Persen dan tingkat agama 95 persen.

Peneliti Populi, Dimas Ramadhan, menyebutkan bahwa Prabowo-Gibran berada pada atas pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Anies-Cak Imin serta Ganjar-Mahfud memperoleh angka yg sama.

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres serta cawapres versi survei Populi Center:

Belum memutuskan: 8,1Persen
Menolak menjawab: 1,8Persen

Survei Ipsos

sementara hasil forum riset internasional Ipsos Public Affairs, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di teratas dengan nomor 42,66Persen.

Survei dilakukan di 19-28 November 2023 di 34 Provinsi di Indonesia, menggunakan responden survei sebanyak 2.000. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka, margin of error ±dua,19Persen dengan taraf agama 95Persen.

pada survei, responden diberikan pertanyaan ‘Bila pemilihan awam (pemilu) presiden diadakan hari ini, siapakah yang akan ibu/Bapak pilih dari 3 nama calon pasangan?’

lalu, pada posisi ke 2 Ganjar Pranowo-Mahfud Md 22,95Persen serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,13Persen. Deputi Direktur Ipsos Public Affairs Sukma Widyanti berkata elektabilitas Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

“Itu secara alamiah, elektabilitas Ganjar-Mahfud Md mengalami kemerosotan signifikan Karena basisnya yang berasal berasal pendukung joko widodo, sebagian akbar mengalihkan dukungan di Prabowo-Gibran,” ucap Sukma.

Baca Juga: Budiman Sentil Hasto Prabowo Penerus jokowi, Bukan Peniru 

Berikut yang akan terjadi lengkap elektabilitas 3 paslon di Pilpres 2023 versi Ipsos:

Poltracking Indonesia
Poltracking Indonesia juga melakukan survei ihwal elektabilitas tiga pasang capres serta cawapres Pemilu 2024. Hasilnya pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul berasal Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau duet AMIN.

Survei dilakukan di periode November-5 Desember 2023. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.220 responden menggunakan cara wawancara tatap muka. Margin of error asal survei ini yakni +/- 2.9 Persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dilakukan kepada WNI yg sudah memiliki hak pilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Poltracking lebih dulu melakukan survei terhadap tiga capres tunggal. Responden ditanya ‘Bila Pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Bapak/bunda/Saudara pilih menjadi presiden di antara nama-nama
berikut?’.

Survei Cawapres Polling Institute

Forum Survei Polling Institute merilis elektabilitas cawapres pada Agustus 2023. Ridwan Kamil dan Erick Thohir menjadi bacawapres yg dipilih untuk mendampingi Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.
telaah pendapat ini dilakukan di periode 21-25 Agustus 2023 dengan total 1.201 responden. Pengambilan sampel di survei ini menggunakan teknik acak nomor telepon atau secara acak digit dialing (RDD).

Metode wawancara dilakukan melalui telepon. Margin off error pada survei ini +/- 2.9Persen dengan tingkat agama 95Persen.

Tidak memahami/tidak jawab: 1,9Persen

Survei dilakukan dengan aneka macam simulasi. Jika simulasi cawapres menggunakan 19 nama, Erick Thohir berada pada posisi paling atas.

“Pada simulasi 19 nama semi terbuka pilihan Wapres, Erick Thohir dan Ridwan Kamil teratas, masing-masing 15.1Persen dan 14.2Persen, baru lalu AHY 9.8Persen, Mahfud MD 8.8Persen, Gibran 8.6Persen, serta Sandiaga 8.6Persen, nama lain lebih sedikit dukungannya, sementara belum menjawab 16.2Persen,” demikian hasil survei Polling Institue.

ad interim itu, untuk simulasi lima nama cawapres, Erick tetap masih unggul. Disusul Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, AHY, serta Khofifah Indar Parawansa.

“Erick Thohir 24,limaPersen, Ridwan Kamil 21,1Persen, serta Sandiaga 19,9Persen lebih poly dipilih, baru kemudian AHY 12,5Persen, dan Khofifah 5,5Persen, ad interim belum menjawab 16,6Persen,” demikian hasil survei Polling Institue.

Adapun simulasi cawapres yg dilakukan Jika dipasangkan buat Ganjar serta Prabowo. Berikut hasilnya:

Yang akan terjadi survei cawapres buat Ganjar:

Yang akan terjadi survei cawapres buat Prabowo:

Exit mobile version