Site icon SEMBILAN NEWS

Disinggung Gibran Saat Bahas Infrastruktur di Debat Cawapres

Gibran-Saat-Bahas-Infrastruktur-di-Debat-Cawapres

Gibran Rakabuming Raka Cawapres  nomor urut 2, menyinggung masalah stunting dalam debat Cawapres pada Jakarta Convention Center (JCC). Stunting adalah gangguan tumbuh kembang, yg oleh Gibran dianggap mampu diintervensi asal sisi infrastruktur yakni melalui sanitasi serta air higienis.
“Masalah sanitasi dan air higienis ini nanti bekerjasama ke problem stunting. problem sanitasi perlu kolaborasi poly pihak. misalnya apa yg sudah saya lakukan di Solo. Kita membentuk IPAL Komunal pada perumahan padat penduduk ini penting sekali,” kata Gibran, menjawab pertanyaan panelis terkait infrastruktur.

Apa itu stunting?

Organisasi kesehatan dunia WHO menyebut stunting merupakan salah satu dari beberapa manifestasi malnutrisi atau ketidakseimbangan nutrisi. Selain stunting, malnutrisi juga mampu berupa wasting, underweight, dan defisiensi mikronutrien.

Jika wasting didefinisikan menjadi rasio berat serta tinggi badan yang kurang, stunting adalah kondisi waktu rasio tinggi serta umur anak berada pada bawah normal. Stunting merupakan akibat kurang nutrisi yg kronis serta terus menerus, umumnya terkait kemiskinan, nutrisi serta kesehatan maternal yg jelek, riwayat sakit, dan /atau pemberian asupan nutrisi yg kurang sempurna pada masa awal kehidupan.

Stunting ditandai dengan tinggi badan yg rendah, pada bawah baku deviasi kurva pertumbuhan di kelompok usianya. Meski demikian, ditegaskan bahwa tidak seluruh anak pendek mengalami stunting, walaupun anak yang stunting sempurna pendek.

dampak stunting artinya tidak tercapainya pertumbuhan fisik dan kognitif yg optimal. Seseorang anak dengan berat badan kurang atau underweight mampu mengalami stunting atau wasting, ataupun keduanya.

Akibat stunting

Kementerian Kesehatan RI menyebut beberapa dampak stunting:

Akibat kesehatan

Gagal tumbuh: berat lahir rendah, kecil, pendek, kurus, perkembangan kognitif dan motorik tidak optimal.
Gangguan metabolik: risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, obesitas, stroke, penyakit jantung, dan sebagainya.

Akibat ekonomi

Berpotensi menyebabkan kerugian 2-3 persen GDP (Gross Domestic Product)

Pencegahan stunting

Beberapa upaya pencegahan stunting menurut Kementerian Kesehatan RI artinya sebagai berikut:

Pemenuhan kebutuhan gizi mak hamil, meliputi suplementasi zink serta zat besi (Fe) atau tablet tambah darah.
pemberian ASI (Air Susu ibu) eksklusif selama 6 bulan, dilanjutkan menggunakan MPASI (kuliner pendamping ASI)
Memantau pertumbuhan balita di posyandu
menaikkan akses terhadap air bersih dan sanitasi, dan kebersihan lingkungan. Sanitasi krusial sebab anak di bawah usia 2 tahun rentan terhadap banyak sekali infeksi dan penyakit, sedangkan riwayat sakit ialah galat satu faktor risiko penyebab stunting

Debat Cawapres 2024, Kang Ace: Beyond Expectation, Gibran Luar Biasa

Koordinator DPD Partai Golkar Jabar Tubagus Ace Hasan Syadzily menilai debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan umum (KPU). Dimenangkan oleh Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, Gibran mampu menjabarkan visi dan misinya di hadapan publik.
“Debat cawapres yang dilaksanakan hari ini, luar biasa, beyond expectation, dari apa yg disampaikan Mas Gibran, menjadi cawapresnya Pak Prabowo. Gibran luar biasa memberikan visi serta misinya dan menunjukkan kelasnya. Sebagai anak belia yg memiliki visinya ke depan serta mampu menjabarkan apa yg diharapkan publik,” ucap Ace.

Hal ini disampaikannya seusai nonton bersama (nobar) debat cawapres 2024 pada DPD Partai Golkar Jabar. Jalan Maskumambang, Kota Bandung tersebut malam.

Pria yg akrab disapa Kang Ace ini menambahkan, Gibran bisa menjabarkan visi misi wacana ekonomi kerakyatan, digital, investasi, pajak, APBN, dan APBD, dan Perdagangan.

Ace pun berkata penampilan Gibran semalam menepis keraguan publik atas tuduhan dari banyak sekali pihak bahwa Gibran tidak bisa berdebat dengan 2 cawapres lainnya, yaitu Muhaimin Iskandar dan Profesor Mahfud MD.

oleh karena itu, lanjut Ace, debat cawapres kali ini dimenangkan oleh Gibran. Sebab, Gibran menjadi suatu kekuatan baru asal anak muda yang bisa menjelaskan visi serta misinya.

“(Gibran) mampu menjabarkan perihal apa yang sebagai asa publik terkait tema ini. karena itu, maka debat cawapres ini berada di kemenangan Mas Gibran. Bravo Mas Gibran,” ucapnya Ace.

menjadi isu, nobar debat Cawapres 2024 pada kantor DPD Partai Golkar turut dihadiri para pengurus DPD Partai Golkar, kader, dan simpatisan. Sejumlah awak media pun meliput program tersebut.

Baca Juga: Pelaku Startup Gabung Gaspoll Bro Jabar Dukung Prabowo-Gibran 

Ahmed Zaki Puji Penampilan Gibran pada Debat Cawapres: Saya Beri Nilai 10

Koordinator Tim Kampanye wilayah (TKD) DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar memuji penampilan cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam debat kedua Pilpres 2024. Menurutnya, Gibran telah berhasil menunjukan kapasitasnya menjadi cawapres.
“Ini luar biasa, Mas Gibran sudah membuktikan kapasitasnya. dia menjawab menggunakan lugas serta implementatif, beliau pula menguasai anjung dan bertanya pada pasangan lain dengan sangat baik. aku memberi nilai 10 buat mas Gibran,” ucapnya.

Hal itu beliau sampaikan usai nonton bareng (nobar) debat kedua di tempat kerja DPD Golkar DKI Jakarta, Jl Cikini Raya. Mirip diketahui, tadi malam Gibran memang tampil pada atas homogen-rata. Dia terlihat cukup menguasai soal ekonomi, keuangan, investasi, pengelolaan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Gibran Mampu Menjawab Semua Pertanyaan  Kandidat lain

Zaki menilai Gibran mampu menjawab dengan pertanyaan yang dilontarkan. Bahkan penampilan Gibran mampu dibilang lebih santai daripada Cak Imin serta Mahfud Md.

berdasarkan pria yang akrab disapa Bang Zaki ini penampilan Gibran dalam debat cawapres sebagai ‘booster’ tersendiri bagi pendukung pasangan calon nomor urut 02, Prabowo- Gibran.

“Mereka yg pesimis, kini melihat menggunakan mata sendiri bagaimana kualitas Gibran Rakabuming Raka, dan itu terlihat kentara pada debat,” kata Bang Zaki.

Zaki menyebut pernyataan yang dilontarkan Gibran seolah menjawab keraguan mereka yg selama ini memandang sebelah mata. Gibran jua dievaluasi mampu menepis semua tudingan miring dengan baik dan implementatif.

Zaki berkata Gibran menjelaskan menggunakan clear tiap dilema, contohnya ihwal Solo yg menjadi anak emas pada pembangunan wilayah.

“beliau berani mendebat, dan menyampaikan informasi itu bagus. Sebagai akibatnya dia tidak tampil menjadi anak mama saja, dia sahih-benar siap menjadi Wapres,” tambah Bang Zaki.

Bang Zaki berkata dirinya yang menonton bersama Sekretaris TKD, Ahmad Riza Patria asal Gerindra bahkan berkali-kali tepuk tangan ketika jawaban serta pertanyaan Gibran ‘nyelepet’ Cak Imin dan Mahfud Md.

Lebih lanjut beliau mengatakan Gibran sanvat menguasai masalah, serta memberikan jawaban menggunakan lugas, tidak bertele-tele, dan lumrah. Penyampaiannya pun kentara, sehingga rakyat mengerti. Bang Zaki mencontohkan tanggapan Gibran soal hilirisasi nikel terkait kenaikannya pendapatan bagi APBN.

dengan debat seri kedua ini, Bang Zaki mengucapkan terima kasih kepada tim serta seluruh yg sudah bekerja keras buat kemenangan paslon nomor urut 02.

Beliau mengaku optimistis melihat semangat para pendukung Prabowo-Gibran. Pada sisi lain, Bang Zaki meyakini pemilih yang sempat ragu sekarang makin konfiden selesainya siapa Gibran.

“Ini riil tampilan pada TV, tidak pakai sulap-sulapan, tidak gunakan hoaks, silakan nilai sendiri.” katanya. dia secara spesifik berharap hasil debat ke 2 mampu mengerek bendera kemenangan bagi paslon 02. “dia memang pantas jadi Wakil Presiden, Anda lihat sendiri, ” pungkasnya.

Exit mobile version