Site icon SEMBILAN NEWS

Elektabilitas Anies, Prabowo, Ganjar Di 3 Survei Terbaru Pilpres

Elektabilitas-Anies,-Prabowo,-Ganjar-Di-3-Survei-Terbaru-Pilpres

Indikator Politik Indonesia, Polling Institute, serta Centre for Strategic and International Studies menerbitkan survei teranyar wacana elektabilitas tiga pasangan calon presiden (capres) serta calon Wapres (cawapres) Pilpres 2024.
Survei-survei itu merekam keunggulan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka asal 2 pasangan calon lainnya. 3 survei itu memprediksi pilpres akan berlanjut ke putaran kedua sebab tidak terdapat kandidat yg memiliki elektabilitas lebih asal 50 %. Elektabilitas Prabowo-Gibran berkisar pada atas 40 %.

Sementara itu, elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersaing dengan elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD. “Jika pemilu berlangsung dua putaran, akan ada permasalahan keras antara pasangan angka 1 dan pasangan nomor tiga, sedangkan angka dua pasti lolos ke putaran ke 2,” ucap Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim memaparkan hasil surveinya secara daring. Berikut akibat survei teranyar tiga pasangan Pilpres 2024:

Indikator Politik Indonesia

Dilakukan pada 23-24 Desember 2023 dengan 1.217 orang responden serta margin of error +/-2,9 %.

Polling Institute

Dilakukan di 15-19 Desember 2023 dari 2.130 orang responden dengan margin of error +/-2,9 %

CSIS

Ganjar Dorong ekspansi Produksi Tembakau Di Jateng Supaya Terkenal Diseluruh Dunia

Calon presiden (capres) angka urut tiga Ganjar Pranowo mendorong supaya produksi tembakau pada daerah Jawa Tengah (Jateng) dapat diperluas sebagai akibatnya sebagai pusat produksi di dunia.
Ia menilai hal tadi masih sangat mungkin dilakukan mengingat banyak tembakau berkualitas berasal asal daerah Jateng. Beliau mencontohkan keliru satu daerah yang terkenal dengan icon tembakau kelas dunia artinya kawasan Temanggung yg menghasilkan tembakau Srintil.

“Tembakau asal Temanggung itu menjadi icon tembakau dunia loh serta jikalau kita bicara Srintil itu hanya terdapat di Temanggung serta harganya mahal sekali,” ucapnya pada wartawan pada lokasi. “Itu kan Allah, ilahi kasih rezeki buat kita, maka berdasarkan saya perlu terdapat sentra Tembakau pada Indonesia serta daerah yg paling cantik ya di Jateng,” ucapnya.

Di sisi lain, Ganjar menyebut potensi sebagai pusat Tembakau dunia jua semakin terbuka lebar Karena Jateng mempunyai benih yg indah. Beliau berkata tembakau pada Jateng selama ini bisa dipergunakan juga buat industri kosmetik, farmasi, ataupun kebutuhan lainnya.

Juga beliau menyebut selama ini tembakau yang dipanen asal Klaten dan Boyolali pula sudah menembus pasar ekspor. Oleh karena itu, istilah beliau, diperlukan hilirisasi sehingga industri akibat tembakau mampu tumbuh secara berkelanjutan serta memberi donasi aporisma bagi perekonomian.

“Itu lah bila kita bicara ada proses di research, hilirisasi, jadi tembakau bisa diproses untuk apa saja, butuh tempat riset supaya bisa berkembang, jangan dimatikan,” ucapnya. Lebih lanjut, Ganjar juga turut menyinggung perlunya ada proteksi hukum terhadap para petani tembakau.

Pasalnya, ucapdia, banyak rakyat yang menggantungkan mata pencahariannya asal industri tembakau termasuk para wanita tani. “Mereka menggantungkan hayati selama puluhan tahun, mengerjakan pekerjaan lebih jelasnya di pabrik, mereka butuh ketenangan terhadap asal penghasilan,” ucapnya.

Baca Juga: Ganjar Janji Jika Menang Hubungkan Pendidikan, Lapangan Kerja 

Ganjar Beber Hasil Sebulan Kampanye: Persoalan Riil Masyarakat

Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengatakan akibat kampanye Pilpres 2024 ke sejumlah wilayah selama sebulan lamanya semenjak 28 November.
“Sebulan kampanye ya bisa mencicipi apa yang menjadi suara warga lebih di duduk perkara riil yg dihadapi rakyat,” ucap Ganjar.

Bersafari ke sejumlah wilayah, Ganjar mengaku mendengar aspirasi rakyat yang mendambakan lapangan kerja terbuka lebar, plus pendapatan tinggi sebagai akibatnya mendorong daya beli. Asal sektor pertanian, Ganjar pula mengaku menerima keluhan para petani di banyak wilayah akan problem kelangkaan ketersediaan pupuk.

“Jika ada, mahal. yg nelayan persoalan BBM,” bebernya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode itu menuturkan, kesempatan bertatap muka menggunakan masyarakat jadi momentum menjaring serta mencarikan solusi atas majemuk masalah.

Selain itu juga memperkuat jaringan antara para kader parpol pengusung serta relawan pemenangan daerah. “Politik itu kan tidak mampu terbang di angkasa. Jadi yg terdapat di bawah. Itu sekaligus mensolidkan kekuatan antara partai menggunakan relawan,” ucapnya. Ganjar juga menyinggung survei elektabilitas oleh aneka macam forum dengan yang akan terjadi yg sejauh tahapan Pilpres 2024 bergulir. Ganjar menyerahkan proses analisanya di ahlinya, sedangkan ia fokus menjaring aspirasi masyarakat.

“Ya kan surveinya kan berbeda-berbeda. Sebelumnya pula terdapat to, sama enggak? Beda to? Nah iya, biar nanti diskusi pada antara pengamat survei. Saya langsung ketemu warga ,” pungkasnya.

Pada survei politik terakhir yang dirilis CSIS, Poling Institute Serta Indikator Politik memang menunjukkan sejauh ini elektabilitas paslon angka urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka paling unggul dibandingkan 2 pasangan lain. Tetapi, elektabilitas pada urutan ke 2, 2 lembaga itu mendapatkan yang akan terjadi yg berbeda.

Perberbedabhineka terlihat pada urutan ke 2 dan ketiga. di survei Indikator Politik Indonesia, Ganjar-Mahfud duduk pada posisi kedua. Sementara itu, 2 survei lainnya mencatat keunggulan paslon angka urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Hasil Survei TPN: Prabowo 41 %, Ganjar 37 %, Anies 21%

Tim Pemenangan Nasional (TPN) paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengungkap hasil survei internal teranyar mereka terkait elektabilitas dari 3 pasangan calon presiden-Wapres pascadebat cawapres Pilpers 2024 yang digelar KPU pada 22 Desember lalu.
Deputi Politik 5.0 TPN, Andi Widjojanto mengungkapkan pada yang akan terjadi survei internal pihaknya ternyata capres angka urut dua Prabowo Subianto menempati posisi pertama menggunakan elektabilitas sebanyak 41,1 %. Disusul Ganjar pada posisi kedua menggunakan 37 %, serta Anies di nomor 21,7 %.

Asal survei tadi, istilah Andi, hanya Ganjar yg tidak mengalami penurunan. Prabowo kata beliau, turun berdasarkan data survei mereka sepekan sebelumnya berasal semula 42,6 %, dan Anies dari 22 %. Sedangkan Ganjar, naik asal 35 % menjadi 37 %.

“Tujuh hari yang kemudian Mas Ganjar posisinya di 35 %, lalu pada 24 jam terkahir ada pada 37 %, Prabowo di tujuh hari yg kemudian ada di 42,6 % lalu hari ini terdapat di 41,1 %. Mas Anies tujuh hari yang kemudian terdapat pada 22 %, kemudian stabil di 21,7 %,” ucap Andi pada jumpa pers pada Media Center TPN.

Andi mengungkapkan data itu diambil sesuai hasil survei sejumlah lembaga.

Data-data tadi lalu diolah dan digabung dengan riset metode diskusi grup terarah (Focus group Discussion/FGD) serta analisis media buat membentuk analisis prediktif sampai 14 Februari 2024 atau bersamaan dengan hari pemungutan suara. akibat analisis prediktif tadi, menurut Andi, Bila tidak terdapat peristiwa luar biasa yang terjadi secara impulsif serta tak terduga, hasilnya tidak akan berubah signifikan

Masih menilai Pilpres 2024 akan 2 putara

Andi menyebut bahwa Pilpres 2024 akan berlangsung dalam 2 putaran, serta paslon Prabiwo-Gibran akan berhadapan menggunakan Ganjar-Mahfud.

“Berasal triangulasi yang kami pakai, ini mesin yang sudah kami gunakan semenjak 2018. Sebetulnya memberikan kalau tidak ada peristiwa-insiden dadakan ya, maka suara 01, 02, 03 akan stabil seperti ini hingga 14 Februari 2024.” Ucap beliau yang sebelumnya dikenal menjadi Gubernur Lemhanas itu.

Peristiwa luar biasa yg berdampak signifikan itu misalnya. Blunder pada debat capres dan cawapres ketiga sampai kelima mendatang, atau bahkan skandal aturan. “Jikalau tidak terjadi sesuatu yg signifikan, maka peluang putaran dua sepertinya akan terjadi antara pasangan 02 dan 03,” ucap Andi.

Exit mobile version