Site icon SEMBILAN NEWS

Daftar Nama 11 Panelis Debat Capres 2024

Daftar-Nama-11-Panelis-Debat-Capres-2024

Komisi Pemilihan umum (KPU) sudah menjabarkan 11 nama yg akan menjadi panelis untuk debat capres 7 Januari 2024. “Kami telah menerima konfirmasi dan kesediaan dari 11 panelis,” ujar Komisioner KPU RI August Mellaz usai menghadiri kedap persiapan debat beserta tim kampanye paslon dan media penyelenggara pada kantor KPU RI, Jakarta.

Para panelis debat capres akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan buat ketiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Adapun tema debat capres yang akan dibahas ialah Pertahanan, Keamanan, korelasi Internasional, Globalisasi, Geopolitik, serta Politik Luar Negeri. Debat akan digelar di Istora Senayan, Jakarta. serta disiarkan pada stasiun televisi yang tergabung dalam MNC group.

Berasal kumpulan nama para panelis, terdapat nama KSAL 2012-2014 sekaligus ketua Dewan pengajar akbar Universitas Pertahanan, Laksamana TNI (purnawirawan) Marsetio. Selain itu, ada jua nama pengajar akbar aturan Internasional Universitas Indonesia sekaligus Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani, Hikmahanto Juwana. Melansir asal page resminya, Universitas Pertahanan mengatakan institusinya secara teknis akademik dibina sang Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) serta secara teknis fungsional dibina sang Kementerian Pertahanan RI (Kemhan RI).

Sementara itu, Universitas Ahmad Yani didirikan sang Yayasan Kartika Eka Paksi yang mempunyai afiliasi dengan Tentara Nasional Indonesia AD. Capres angka urut dua Prabowo Subianto kini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan. dia juga dikenal menjadi purnawirawan Tentara Nasional Indonesia.

“Yang kita ambil kan bukan duduk perkara itu, kita ambil kompetensinya,” ucap Mellaz saat menjawab pertanyaan awak media mengenai alasan KPU mengarah guru akbar Universitas Pertahanan menjadi keliru satu panelis debat.

Berikut Daftar Nama 11 Panelis Debat Capres 7 Januari 2024

  1. Angel Damayanti (pengajar akbar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)
  2. Curie Maharani Savitri (Dosen hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)
  3. Evi Fitriani (guru besar Ilmu hubungan Internasional Universitas Indonesia)
  4. Hikmahanto Juwana (pengajar besar hukum Internasional Universitas Indonesia serta Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)
  5. I Made Andi Arsana (ahli Aspek Geospasial hukum laut Universitas Gadjah Mada)
  6. Ian Montratama (Dosen program Studi hubungan Internasional ahli Keamanan serta Pertahanan Universitas Pertamina)
  7. Irene Hiraswari Gayatri (Peneliti sentra Riset Politik Badan Riset dan penemuan Nasional)
  8. Kusnanto Anggoro (pakar Keamanan Universitas Pertahanan)
  9. Laksamana Tentara Nasional Indonesia (purnawirawan) Marsetio (KSAL 2012-2014 dan koordinator Dewan guru akbar Universitas Pertahanan)
  10. Philips J. Vermonte (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia serta Senior Fellow CSIS)
  11. R. Widya Setiabudi Sumadinata (guru besar Bidang Keamanan dunia Universitas Padjajaran)

Poin-poin Debat Capres 7 Januari: Jadwal, Tema, hingga Daftar Panelis

Komisi Pemilihan umum (KPU) menggelar debat ketiga peserta Pilpres 2024. Debat akan diikuti para calon presiden yaitu Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.
Tema debat di akhir pekan nanti adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Berikut poin-poin gelaran debat capres putaran ketiga Pilpres 2024.
Digelar di Istora Senayan
Debat ketiga Pilpres 2024 akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pusat, mulai pukul 19.00 WIB. Kali ini, debat disiarkan di sejumlah stasiun televisi jaringan MNC group.

Total holistik durasi debat 150 mnt, termasuk iklan. Adapun durasi spesifik debat yaitu 120 mnt yang terbagi pada enam segmen.

11  Panelis Ditetapkan Menyusun Pertanyaan Untuk 3 capres

ada 11 panelis yg telah ditetapkan buat menyusun pertanyaan untuk 3 capres. Para panelis yaitu Hikmahanto Juwana (guru akbar aturan Internasional Universitas Indonesia serta Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani), Angel Damayanti (guru besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia), Curie Maharani Savitri (Dosen hubungan Internasional, pakar kajian industri pertahanan serta alih teknologi Universitas Binus), dan Evi Fitriani (pengajar akbar Ilmu korelasi Internasional Universitas Indonesia).

kemudian, I Made Andi Arsana (ahli Aspek Geospasial aturan bahari Universitas Gadjah Mada), Ian Montratama (Dosen program Studi hubungan Internasional ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina), Irene Hiraswari Gayatri (Peneliti pusat Riset Politik Badan Riset serta inovasi Nasional), serta Kusnanto Anggoro (pakar Keamanan Universitas Pertahanan).

Lalu, Laksamana TNI (purnawirawan) Marsetio (KSAL 2012-2014 serta ketua Dewan guru akbar Universitas Pertahanan), R Widya Setiabudi Sumadinata (guru akbar Bidang Keamanan dunia Universitas Padjajaran), serta Philips J Vermonte (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

Ariyo-Anisha moderator debat
KPU menetapkan Ariyo Ardi serta Anisha Dasuki menjadi moderator debat ketiga Pilpres 2024. Keduanya adalah jurnalis asal MNC class. Kali ini, KPU akan memberi ketika moderator buat menanyakan kepanjangan asal singkatan atau akronim pada capres yang mengajukan pertanyaan pada debat. Hal ini supaya substansi debat lebih jelas.

Ketika yang dimiliki capres-cawapres buat bertanya tidak akan berkurang waktu moderator ingin memperjelas maksud singkatan atau akronim.

KPU juga meminta liaison officer (LO) masing-masing pasangan calon buat mengingatkan agar jangan mengajukan pertanyaan berupa singkatan atau akronim. Ganjar urutan pertama
Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo mendapat urutan pertama buat memaparkan visi, misi, dan program pada debat ketiga Pilpres 2024 di 7 Januari. Urutan ini digilir dari dua debat sebelumnya.

Selesainya debat ketiga, tersisa 2 gelaran debat Pilpres 2024 yg akan diselenggarakan KPU yakni di 21 Januari dan 4 Februari.

KPU: MNC group tetap Jadi Media Penyiar Debat Ketiga Pilpres

Komisi Pemilihan umum (KPU) berkata MNC class tetap menjadi media penyelenggara siaran debat calon presiden (capres) di 7 Januari 2024 mendatang.
Hal itu disampaikan Komisioner KPU RI August Mellaz usai menghadiri rapat persiapan debat ketiga Pilpres 2024 bersama tim kampanye paslon dan media penyelenggara pada kantor KPU RI, Jakarta.

August menjelaskan Surat Keputusan (SK) KPU sudah menetapkan media penyelenggara di setiap gelaran debat. Selain itu, August meyakini akan ada pembicaraan-pembicaraan lebih lanjut di ketika yang tersisa ini sebelum gelaran debat ketiga Pilpres pada Minggu nanti.

Adapun rapat di Rabu ini di tempat kerja KPU, kata August, menjelaskan sejumlah hal termasuk lokasi, nama-nama panelis, serta moderator.  “Akan tetapi yg hari ini bagian kami buat meng-update daerah, panelis siapa, temanya secara definitif, termasuk moderatornya,” istilah dia. Tema yg akan dibahas dalam debat itu adalah Pertahanan, Keamanan, korelasi Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri. KPU mengarah dua jurnalis televisi yakni Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki menjadi moderator dalam gelaran debat tadi. Buat 11 nama panelis, ucap August, pihaknya sudah mendapatkan kesediaan dari mereka buat terlibat pada debat ketiga Pilpres 2024.

Exit mobile version