Site icon SEMBILAN NEWS

Mahfud MD Akan Berkampanye Di Jakarta Dan Demak Hari Ini

Mahfud-MD-Akan-Berkampanye-Di-Jakarta-Dan-Demak-Hari-Ini

Mahfud Md sebagai calon wakil presinden akan berkampanye pada Jakarta serta Demak pada Jumat, lima Januari 2024. Sesuai kabar Staf Komunikasi Mahfud, dirinya dijadwalkan akan menghadiri acara Syukur athun baru komplotan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) pada Grha Oikoumene.

Usai berasal aktivitas ini, Mahfud akan terbang ke Demak, Jawa Tengah. Buat menghadiri cara Sholawat Persatuan Indonesia alias Perindo di lapangan sepak bola Prampelan, Sayung, Demak, Jawa Tengah, di pukul 29.00–21.00. Sesudah itu, Mahfud akan pulang ke Jakarta di pukul 21.30.

Sebelumnya, Mahfud yg jua Menteri koordinator Bidang Politik, aturan serta Keamanan itu mengunjungi Gereja Katedral pada Jakarta sentra, Kamis, 4 Januari 2024. Mahfud menekankan kunjungan kali ini dilakukan buat melengkapi kunjungan yg singkat pada malam Natal kemarin.

“Sebab saudara tahu ketika aku ke sini malam Natal itu kan aku kurang sehat. Sebagai akibatnya meningkatkan kecepatan pulang, begitu pula membatalkan seluruh acara. Sehingga waktu itu saya merasa kok kunjungan aku belum terasa lengkap,” ucap Mahfud.

Mahfud menyebut kondisi itu menghasilkan pertemuan menjadi relatif singkat serta pembicaraan yang terjadi terbilang pendek. karena itu, Mahfud melakukan lagi silaturahmi ke Gereja Katedral pada rangka menyambung serta melengkapi pertemuan tadi.

Mahfud Kunjungan ke Gereja Katedral di Malam Natal Kemarin

Selain itu, Mahfud mengaku bersyukur, perayaan Natal serta Tahun Baru pada Tanah Air dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dievaluasi sesuai menggunakan komitmen Mahfud yang disampaikan saat kunjungan ke Gereja Katedral di malam Natal kemarin.

” Sekarang ke sini lagi, mengonfirmasi lagi yang aku katakan saat itu bahwa peringatan Natal dan Tahun Baru berjalan baik, safety dan lancar,” ujar Mahfud.

Kedatangan Mahfud MD ke Gereja Katedral Jakarta mendapat sambutan hangat berasal Keuskupan Agung Jakarta. Mahfud sempat melakukan pembicaraan bersama Uskup Agung Jakarta, Romo Ignatius Suharyo.

selesainya rendezvous, Romo Suharyo turut memberikan, rendezvous di malam Natal memang berjalan cukup singkat. karenanya, beliau bersyukur bisa kembali bertemu dan melakukan pembicaraan lebih panjang.

“Salah satu yang diceritakan tersebut, Bapak baru saja makan pada restoran Padang, terus ke sini, ya begitu-begitu pembicaraan antara sahabat lama ,” ucap Romo Suharyo.

Mengaku Punya Teman Pendeta, Mahfud Md: Dia Antar Saya ke Masjid

Calon Wakil Presiden Mahfud Md memberikan kisah persahabatannya dengan seorang rahib di Yogyakarta. Cerita itu disampaikan Mahfud saat berpidato pada Konser Lilin Putih di Balai Sarbini, Rabu malam, tiga Januari 2024.

Mahfud Md menyebut sahabatnya itu bernama Humprey yang mengabdikan diri menjadi seorang rahib. Persahabatan Mahfud serta Humprey itu terjadi sebab sama-sama berada pada kelompok diskusi dialog Lintas Iman.

“Beliau seorang rahib, jikalau diskusi hari Jumat rahib ini yang mengantar saya ke masjid,” ucap Mahfud Md yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin di Balai Sarbini, seperti dikutip dalam kabar tertulis.

tak hanya itu, Mahfud menyebut Humprey seringkali sekali mengingatkan Mahfud buat salat waktu sedang berdiskusi di Jumat siang. perilaku saling mengingatkan turut dilakukan Mahfud kepada Humprey saat hari Minggu. “Jika diskusinya hari Minggu aku yang mengantar dia ke gereja,” ucap Mahfud.

Mahfud Md Bilang Kunci Kesatuan merupakan Toleransi

Calon Wakil Presiden Mahfud Md menghadiri Konser Lilin Putih di Balai Sarbini, pada Rabu malam, 3 Januari 2023. dalam sambutannya, Mahfud menandakan bagi seorang Muslim di Indonesia nilai-nilai keislaman serta keindonesiaan dinilai penting.

“aku merefleksi pengalaman pribadi saya dulu, ajakan kesatuan bangsa merupakan usaha yg aku lakukan sejak ikut pada gerakan-gerakan mahasiswa,” istilah Mahfud mirip dikutip dalam keterangan tertulis.

Mahfud Md mengatakan guru-gurunya pada pondok pesantren sejak kecil memang mengajarkan persatuan bangsa. Mahfud menyebut sering mengikuti pandangan mirip Gus Dur, Syafii Maarif, serta Nurcholis Madjid.

Sosok tersebut, menurut Mahfud, merupakah tokoh terkemuka Islam yg mempromosikan persatuan sekaligus dari merekalah Mahfud mendengar kata keislaman dan keindonesiaan. “Keislaman dan ke-Indonesiaan wajib menyatu, bukan berarti Islam lalu mau sebagai mendominasi. Bukan, harus menyatu, pada dasarnya orang Islam indonesia tak wajib berkiblat ke negara-negara Timur Tengah,” ucap Mahfud.

Mahfud, pada keislaman ada sumpah setia kepada negara. Sebab, di Indonesia hidup bangsa yang terdiri asal banyak sekali kepercayaan, suku, ras serta wilayah yg semuanya menyatu secara inklusif.

“Kunci kebersatuan ini ialah toleransi. Bagi saya, keislaman dan keindonesiaan bukan hanya melahirkan toleransi. Lebih asal itu merupakan akseptasi, kita saling menerima serta bersatu buat mencapai tujuan beserta,” ucap dia.

dalam aktivitas itu, hadir pula calon presiden angka urut 3 Ganjar Pranowo beserta jajaran pucuk pimpinan Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud. Selain itu, pada acara itu juga terdapat penyerahan penghargaan Tokoh Pembawa tenang ke Pastur Dharana Moniaga, Yenny Wahid, Peter Lesmana dan I Gede Kanjeng Raden Tumenggung Romo Asun Gotama dan Roy Wibisonl Napitupulu.

Konser dimeriahkan penyanyi-penyanyi kenamaan Tanah Air. diantaranya Eka Deli, Once Mekel, Stevan Pasaribu dan Jamaica Cafe. Ditampilkan jua lagu-lagu serta tari-tari asal banyak sekali wilayah pada Indonesia.

Baca Juga: Menjelang Debat Capres Simak Visi Misi, Menuju Pilpres 2024 

Peneliti SMRC Usul 3 Langkah buat bicu Elektabilitas Ganjar Pranowo – Mahfud Md

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC Saidiman Ahmad mengusulkan sejumlah langkah buat mendongkrak elektabilitas pasangan calon presiden serta Wapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud Md. Hal ini mengingat pasangan yang diusung Koalisi PDIP ini masih belum moncer elektabilitasnya dalam survei yang digelar Indikator Politik Indonesia. Pada survei yg dirilis akhir Desember 2023 itu, pasangan Ganjar-Mahfud mengantongi elektabilitas sampai 24,5 persen. angka ini unggul tipis dari pasangan Anies-Muhaimin yang meraup 21 persen.

Dalam survei yang melibatkan 1.217 responden itu, pasangan angka urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih mayoritas menggunakan tingkat elektabilitas sebanyak 46,7 %. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan batas galat sebanyak 2,9 %.

Ganjar-Mahfud Yang Paling Unggul

Padahal Bila melihat basis rekam jejak, pasangan Ganjar-Mahfud yang paling unggul. Bahkan pasangan ini seharusnya bisa jauh lebih diterima publik ketimbang Prabowo-Gibran. “Tidak selaras menggunakan 02 yang punya informasi seperti jejak pelanggaran HAM dan informasi Mahkamah Konstitusi, dan politik dinasti,” ucap Saidiman.

Adapun langkah yg diusulkan Saidiman merupakan yang pertama mereka wajib memasifkan kampanye buat memperkuat citra menjadi calon pemimpin yang paling berpengalaman dan bersih. Kedua juga harus bisa membangun persepsi menjadi pasangan yg mampu melanjutkan program-program pemerintahan sekarang.

“Tunjukkan kapabilitas melanjutkan acara kebijakan pemerintah sekarang. Ganjar punya modal sebagai gubernur yang berhasil. Mahfud pula punya modal sebagai pejabat bersih serta berintegritas. Isu ini wajib hingga ke publik,” ucapnya.

Selain itu, Ganjar-Mahfud pula wajib bekerja keras menjaga basis pemilih pada lumbung suara PDIP yaitu di Jawa Tengah serta Jawa Timur. Usaha ini bakal tidak mudah karena ke 2 daerah itu merupakan basis pemilih jokowi di Pilpres 2014 serta 2019. Ketika ini, joko widodo cenderung menyokong Prabowo-Gibran. Menurut Saidiman, peluang pasangan Ganjar-Mahfud lolos ke putaran kedua Pilpres 2024 masih terbuka.

“Kalau melihat akibat survei Indikator, sebenarnya suara Ganjar belum rebound. Asal November sampai Desember, bunyi Ganjar-Mahfud cukup stabil di kurang lebih 24 %. jikalau lihat performa debat Ganjar serta Mahfud, idealnya pasangan ini menguat karena mereka relatif baik performanya,” ucap beliau.

Exit mobile version