Site icon SEMBILAN NEWS

Menjelang Debat Capres Simak Visi Misi, Menuju Pilpres 2024

Menjelang-Debat-Capres-Simak-Visi-Misi,-Menuju-Pilpres-2024

Komisi Pemilihan Umim (KPU) akan balik menggelar Debat Capres pada Ahad, 7 Januari 2024. Debat ketiga menyambut Pilpres 2024 ini mengusung tema Pertahanan, Keamanan, hubungan Internasional, serta Geopolitik. Debat akan balik mempertemukan tiga kandidat capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Lantas, apa saja visi misi ketiga capres tadi pada bidang pertahanan? Simak ulsan berikut:

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Pada dokumen program kerjanya, pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Menyebut akan memperkuat sistem dan strategi pertahanan negara yg adaptif terhadap dinamika dunia era baru yg penih ketidakpastian. Tantangan, serta ancaman konvensional dan nonkonvensional. Berbagai visi misi pertahanan dituangkan dalam program penguatan Tentara Nasional Indonesia. Berikut rinciannya:

Baca Juga: Kampanye Prabowo di Cilincing Diduga Hanya Settingan

2. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Pada dokumen visi misinya, capres-cawapres angka urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyebut galat satu program prioritasnya. Merupakan penguatan pertahanan serta keamaan negara dan pemeliharaan hubungan internasional yang aman. Program kerja di bidang sistem pertahanan serta keamanan negara itu secara lebih rinci dijabarkan dalam beberapa program berikut:

3. Ganjar Pranowo-Mahfud Md

Dalam dokumen visi misinya, capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo serta Mahfud Md mengusung misi Kedaulatan NKRI dengan Sistem Pertahanan 5.0. Ganjar akan memodernisasi pertahanan SAKTI. Konsep tersebut mengusung transformasi pertahanan sesuai doktrin Sistem Pertahanan warga Semesta (SISHANRATA) untuk membuat Kekuatan Pertahanan Indonesia yang berdaya gentar dan dilengkapi dengan alutsista SAKTI (Perkasa dengan
Keunggulan Teknologi 5.0).

Adapun beberapa program kerja yang dicananykan, yakni:

 

Debat Capres kedua akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, di Ahad, 7 Januari 2024 mulai pukul 19.00 WIB. Debat ini akan diikuti oleh Anies Baswedan,  Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. sementara ketiga calon Wapres – Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka serta Mahfud Md – akan hadir hanya menjadi pendamping.

TKN Sebut Prabowo Siapkan Jawaban Soal Anggaran Kemenhan & Pembelian Pesawat Bekas Untuk Debat Capres

Wakil koordinator Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Erwin Aksa menyebut calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berfokus dalam mempersiapkan diri menjelang debat capres di Ahad, 7 Januari 2024. berdasarkan Erwin, Prabowo diklaim banyak gosip soal tema debat sebab menjabat Menteri Pertahanan (Menhan). “Pak Prabowo sebab Menhan dia tentunya punya isu banyak,” ucap Erwin.

Menurut Erwin pada menghadapi debat calon presiden menggunakan tema soal pertahanan, keamanan, korelasi internasional. Serta geopolitik, Prabowo diklaim jua mempersiapkan jawaban soal pembelian pesawat bekas serta aturan Menhan yg menjadi polemik.“Pembelian pesawat ex Qatar Mirage sepengetahuan saya karena korelasi yg baik Pak Prabowo menggunakan Presiden Prancis serta juga Raja Qatar.

Barang tadi dibeli melalui kredit ekspor hingga pesawat Raphael baru datang. Perlu diingat selama 2 tahun Kemenhan tidak membeli alusista serta relokasi anggaran selama 2 tahun paling akbar berasal Kemenhan,” kata Erwin. Menurut dia, pengadaan alusista sebab strategis perlu izin beberapa negara termasuk Indonesia dan ini telah dikonsultasikan menggunakan Komisi I dewan perwakilan rakyat.

Diketahui, Kementerian Pertahanan membeli pesawat tempur bekas Mirage 2000-lima dari Qatar. Kontrak pembelian selusin pesawat buatan 1997 itu ditandatangani pada 31 Januari 2023. Nilainya mencapai 734,53 juta dolar Amerika atau kurang lebih Rp 10,947 triliun.

Pesawat yang sama sebenarnya pernah ditawarkan pemerintah Qatar ke Indonesia di 2009. Tapi Menteri Pertahanan ketika itu, Yuwono Sudarsono, menolaknya karena alasan biaya pemeliharaan yang mahal.

Ganjar Singgung Prabowo

Ganjar Pranowo pernah menyinggung pembelian pesawat bekas itu. Meski disebut Prabowo akan unggul, ketika itu Ganjar menyatakan optimistis bisa berdebat menggunakan Prabowo. “Oh saya sangat optimis, bila soal menguasai debat nanti kita lihat sebab tidak hanya berbicara pertahanan, akan tetapi terdapat tema lainnya. Bicara soal pertahanan, kalau belinya pesawat bekas, enggak ada itu!” ucap Ganjar.

Debat ketiga Pilpres 2024 itu akan digelar di Gedug Istora Senayan, Jakarta sentra. Sebelumnya debat rencananya akan balik menggunakan Gedung KPU. sesudah disepakati semua pihak, debat dipindah ke Istora. Dari Komisioner KPU August Mellaz, penetapan Istora Senayan sebagai kawasan debat itu sesuai konvensi berasal hasil pertemuan antara KPU, tim paslon, dan media penyelenggara. “Bertempat pada Istora Senayan,” kata August Mellaz, kepada wartawan di gedung KPU.

Selain daerah, dari August, semua pihak pula setuju buat memperluas tema adu gagasan tadi. dia menyatakan tema debat ketiga yang awalnya hanya empat sekarang menjadi enam. Enam tema tadi merupakan mencakup isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

“Kemarin kan posisinya empat tema, pertahananan serta keamanan, tetap sebagai tema tersendiri, lalu hubungan internasional kami expand (perluas) menggunakan globalisasi, geopolitik menjadi isi tersendiri kami expand dengan politik luar negeri,” ucap August.

Exit mobile version