Site icon SEMBILAN NEWS

Cerita Prabowo Terima Pesan Rekonsiliasi dari Jokowi Di Pilpres 2019

Cerita-Prabowo-Terima-Pesan-Rekonsiliasi-dari-Jokowi-Di-Pilpres-2019

Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, menceritakan momen dirinya menerima pesan rekonsiliasi dari Jokowi usai kalah di Pilpres 2019. Awalnya, Prabowo mengaku baru mendapat pemahaman yang dipegangnya kini usai dua kali kalah pada Pilpres. Pada Pilpres 2014 serta 2019, Prabowo kalah berasal joko widodo. “Saya mengerti mungkin kenapa saya dua kali kalah, ya mungkin saat itu terus terang saja, belum hingga pada pemahaman yg saya pegang kini. Itu kesadaran itu terjadi 2019 saat saya kalah,” ucap Prabowo.

Ketika kalah itu, beliau menyebut banyak pendukungnya yg melakukan aksi pada Jalan Thamrin, Jakarta. Prabowo mengaku sempat mendatangi kawasan Jalan Thamrin. beliau bertemu menggunakan seorang pemuda yang mengaku siap mati.

“Saya tiba ke situ melihat banyak korban, ketegangan, terdapat anak belia beliau kena gas, beliau liat saya teriak, ‘Pak Prabowo kami siap meninggal buat bapak’,” cerita Prabowo. Beliau mengaku kaget serta meminta pemuda itu untuk pulang. Prabowo jua mengaku sadar waktu itu situasi sudah tidak rupawan. “Saya shock, aku langsung berlutut bilang, berhenti saya tak mau kau mangkat untuk aku. Kamu wajib hidup buat orang tuamu serta buat Indonesia,” pungkasnya. “Di situ saya sadar bahwa situasi sudah tidak mengagumkan, serta pada situ aku putuskan bila anda cinta sama aku, anda harus pulang seluruh. Akhirnya semuanya kembali,” imbuh dia.

“Pak jokowi mengajak rekonsiliasi, yang bawa message rekonsiliasi ke saya justru anak-anak belia di Gerindra. Aku putuskan waktu itu, baik kita rekonsiliasi,” pungkasnya. Asal cerita itu, Prabowo menekankan bahwa Indonesia adalah negara yang besar dan beragam. Dia berkata banyak perang dan kerusuhan terjadi pada negara lain, salah satunya karena faktor ego pemimpin. Prabowo mengaku tak mau itu terjadi di Indonesia. “Ya tak bisa, tidak boleh Indonesia seperti itu, aku saat itu sahih-benar daripada saya jadi presiden melalui jalan kekerasan. Lebih baik aku enggak jadi presiden,” pungkasnya.

Stafsus jokowi Komentari Akun X Kemhan pakai Tagar Prabowo Gibran 2024

Viral pada media sosial X terkait akun resmi Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) yg memakai tagar Prabowo-Gibran 2024 pada unggahannya. Staf khusus Presiden pun buka bunyi soal polemik di kementerian pimpinan Prabowo Subianto itu.
ketua Staf khusus Presiden Ari Dwipayana mengingatkan kementerian/lembaga negara, termasuk ASN, TNI serta Polri agar menjaga netralitas selama Pemilu 2024. “Kita wajib menyadari era sekarang ini era kompetisi pemilu jadi harus benar-sahih dijaga netralitas dari semua kementerian lembaga. Termasuk ASN TNI Polri,” kata Ari.

“Arahan presiden tegas sekali netralitas ASN, TNI, Polisi Republik Indonesia penting sekali wajib dijaga oleh semua kementerian dan forum,” imbuhnya. Ari tidak membeberkan secara gamblang apakah joko widodo telah menegur Kemhan atau belum. Tetapi, beliau menyampaikan Kemhan melakukan evaluasi internal usai peristiwa tadi. “Terdapat evaluasi asal internal Kemhan,” ucapnya.

Sebelumnya, akun X @Kemhan_RI mengunggah foto perumahan TNI AU Komplek Skyhank Lanud Raden Sadjad. pada keterangannya, Kemhan menyematkan hastag #PrabowoGibran2024. Unggahan itu sontak membentuk rakyat net mengkritik pada kolom reply. namun, caption tersebut kini telah tidak terdapat, hanya tinggal unggahan fotonya saja. Beberapa akun X pula terlihat mengunggah tangkapan layar berasal akun Kemhan, sebelum unggahan itu dihapus.

Baca Juga: Prabowo: Ekonomi RI Bisa ke-5 Terbesar Dunia Jika Kerja Sama

Prabowo Beri Nilai 9,9 Penampilan Gibran di Debat Cawapres

Prabowo Subianto memberi nilai 9,9 buat penampilan cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka, dalam debat cawapres yang digelar Minggu. “Jikalau aku , nilai saya kemarin, sama dengan nilai yang dulu lah, 9,9,” ucap Prabowo usai menghadiri program Relawan Erick Thohir Alumni Amerika perkumpulan di Plaza Senayan, Jakarta. Berdasarkan Prabowo, rakyat juga memberi nilai yang tinggi buat penampilan Gibran pada debat.

Kemarin usai penyelenggaraan debat cawapres, Prabowo pula mengaku antusias melihat Gibran sebab disebut bisa dalam penguasaan dilema ekonomi. “Tentunya tadi (21/1) aku sangat bangga lagi, ternyata Mas Gibran balik menunjukkan kapasitas kemampuan dominasi terhadap problem ekonomi, jadi kami turut bangga,” istilah Prabowo pada konpers pascadebat.

Komisi Pemilihan umum (KPU) sebelumnya menggelar debat Pilpres 2024 yg keempat pada Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu malam. Tema yang dibahas seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, rakyat istiadat serta desa. Data analis media umum Drone Emprit menurut pantauan di X periode Minggu. Pukul 19.00-22.00 WIB menunjukkan Gibran menjadi cawapres yang paling banyak di-mention oleh netizen di X, yakni 40 % berasal total volume dialog, bersaing dengan cawapres angka urut 1, Cak Imin.

Gibran sedikit lebih unggul dengan 142.469 mention sedangkan Cak Imin 141.293 mention. Kendati demikian, Gibran menerima sentimen negatif paling akbar di debat kali ini, yakni sebesar 60 %. Tercatat hanya 33 persen sentimen positif yg ditujukan kepada Gibran, dan 7 % sisanya netral.

“Ini menunjukkan adanya sentimen yang kurang menguntungkan atau konflik yg mungkin sedang dihadapi sang Gibran Rakabuming pada media umum selama jangka saat yang dipengaruhi,” ucap Founder Drone Emprit, Ismail Fahmi.

Media Asing Soroti Gestur Hingga Greenflation Gibran Di Debat Cawapres

Sejumlah media asing menyoroti pernyataan hingga gimik calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dalam debat keempat pemilihan presiden (pilpres) Indonesia. Media Singapura, Channel NewsAsia (CNA), menuliskan sikap Gibran yg “songong” terhadap lawannya dalam debat sukses membentuk suaranya merosot.

Di artikel berjudul “Dent in public hype over Indonesia VP candidate Gibran after ‘rude’ gesture against opponent in live debate”, CNA mewartakan bahwa warganet RI tidak suka dengan perilaku Gibran kala mendebat cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD.

Gibran ketika itu bertanya kepada Mahfud mengenai taktik buat mengatasi greenflation. Greenflation artinya kondisi inflasi dampak kenaikan harga bahan mentah serta energi buntut transisi hijau. Mahfud pun menjawab bahwa greenflation bekerjasama menggunakan ekonomi hijau di mana sebuah proses pemanfaatan produk ekonomi dengan didaur ulang bukan dirancang baru. “Jadi bukan barang itu dibiarkan buat Mengganggu ekologi,” kata Mahfud.

Sembari berpura-pura mencari sesuatu, Gibran membalas Mahfud dengan berujar. “Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, aku nyari-nyari pada mana ini jawabannya? Kok enggak ketemu jawabannya.” Sikap Gibran ini pun menerima kecaman warganet karena dianggap tidak sopan terhadap Mahfud yang usianya jauh lebih tua asal Gibran serta memegang jabatan yang jauh pada atas Gibran.

Debat Cawapres Penuh Bobot, Gibran Unggul

Mahfud MD berusia 66 tahun dan artinya Menteri ketua Bidang Politik, aturan, dan Keamanan RI. Sementara Gibran 36 tahun serta menjabat Wali Kota Solo. Gibran sebagai cawapres termuda pada antara pesaingnya, termasuk cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yg berusia 57 tahun. Hal ini terjadi sebab Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan seseorang yang berusia pada bawah 40 tahun mampu mengikuti pemilihan presiden serta Wakil Presiden, dengan kondisi sedang atau pernah menduduki jabatan negara termasuk ketua wilayah.

Putusan MK di 16 Oktober itu sempat memicu protes hebat karena dinilai politis. Pasalnya, ketua MK waktu itu dijabat oleh Anwar Usman yg merupakan ipar ayah Gibran, Presiden Jokowi. Lebih lanjut, reaksi netizen terhadap sikap Gibran pada debat kali ini dianggap CNA Kala itu, Gibran meraup sentimen positif sebab dinilai mampu berdebat dengan penuh bobot, berbeda dengan gambaran yg beliau gambarkan selama ini.

“Pengguna X mengkritik Gibran sebab berusaha terlalu keras buat menjadi ‘savage’ selama debat. Warganet dilaporkan berkata bahwa Gibran gagal dan justru terlihat ‘songong’, bahasa gaul Indonesia buat perilaku kasar. Baik ‘savage’ serta ‘songong’ lalu timbul menjadi trending topic pada X,” tulis CNA.

Exit mobile version