Site icon SEMBILAN NEWS

Gibran Tanggapi AMIN Setop Food Estate: Terima Kasih Masukannya

Gibran-Tanggapi-AMIN-Setop-Food-Estate-Terima-Kasih-Masukannya

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, merespons soal pernyataan cawapres nomer urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang berjanji Bila terpilih pada Pemilu 2024 akan menyetop acara food estate atau lumbung pangan nasional.
Gibran hanya menjawab singkat terkait pernyataan tadi, bahwa soal itu tergantung Cak Imin.

“Iya tergantung Cak Imin. Terimakasih buat masukannya,” ucap putra sulung Presiden RI joko widodo (Jokowi) itu usai menghadiri program Gimmick Gibran, di Denpasar, Bali. Kemudian, ketika ditanya bahwa cawapres angka urut 3 Mahfud Md berencana mundur asal jabatan Menteri ketua bidang hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), dan apakah dirinya jua akan mundur asal jabatan Wali Kota Surakarta, Gibran juga menjawab singkat,”Apakah telah mundur?,” ucapnya.

Kemudian, saat ditanya adalah menunggu dulu sampai Bapak Mahfud MD mundur. “Enggak [mundur dari Wali Kota Solo], aku kan perlop saja, aku cuti saja,” ungkapnya.

Sebelumnya, Cak Imin berjanji Bila terpilih menjadi Wakil Presiden di Pemilu 2024 akan menstop acara food estate atau lumbung pangan nasional. dia serta capres nomo rut yang dilaksanakan Presiden Jokowi (Jokowi) serta dihukum Menteri Pertahanan Prabowo gagal total.

Cak Imin Berjanji; Ada Empat Agenda Yang Akan Dilakukan

Cak Imin berjanji, Jika paslon capres-cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin menang pada Pilpres 2024 nanti sudah putusan bulat ada empat agenda yg akan dilakukan. “Maka insyaallah, AMIN menang aku sudah setuju, ada empat rencana utama beserta Mas Anies, nanti 14 Februari coblosan menang, dilantiknya presiden, 20 Oktober siang, malam yg kita lakukan pertama melakukan langkah penyediaan pupuk buat seluruh para petani kita,” ungkapnya.

“Yang kedua menghentikan food estate, lumbung pangan, yang hanya menguntungkan perusahaan tidak menguntungkan petani. Bahkan Mengganggu hutan kita. yang ketiga, pendidikan yang diabaikan pribadi kita ditangani menjadi semangat mewujudkan sendok makan yang unggul siap bersaing. Itu tanggal 20 (Oktober) malam,” ungkapnya.

“Serta tanggal 21 (Oktober) pagi, saya pribadi ke pabrik-pabrik pupuk. Jikalau engkau enggak sanggup, bikin pabrik baru. Itu telah yang sebagai langkah. Ini yg dinamakan perubahan,” ujarnya.

Acara food estate mendadak jadi sorotan akhir-akhir ini. Berawal dari kritikan-kritikan yg dilontarkan para calon presiden (capres) serta calon Wapres (cawapres) bahkan semenjak sebelum diumumkan jadi capres dan cawapres. Berulang kali, proyek ini diklaim gagal. Bahkan, proyek ini disebut menjadi kejahatan lingkungan.

Lalu dalam debat Cawapres, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) serta Mahfud MD kompak mengkritik food estate yg ialah proyek gagal serta merusak lingkungan.

Baca Juga: Prabowo Akan Hadiri Kirab Kebangsaan Di Semarang Minggu Ini 

TKN Minta Bawaslu Panggil Penyebar Foto Beras Berstiker Prabowo-Gibran

Wakil koordinator TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman meminta Bawaslu RI mengundang pemilik akun X @miduk17 yang membagikan foto karung beras bulog berstiker Prabowo-Gibran buat diklarifikasi.
Pihaknya meminta Bawaslu tidak tinggal diam dengan bergulirnya isu ini supaya tidak sebagai bola liar di tengah rakyat.

“Berdasarkan kami Bawaslu baiknya mengundang pemilik akun Jhon Sitorus ini @miduk17 ini buat menanyakan hal wacana ini supaya kentara,” ucap Habiburokhman. Habib menilai apa yang disampaikan akun X (Twitter) @miduk17 itu tidaklah merinci. Beliau menyebut cuitan itu tidak disertai menggunakan lokasi, waktu insiden, sampai terduga pelaku.

“Bila kami menemukan berita misalnya kami akan sampaikan peristiwa terjadi pada desa. Dilakukan sekelompok orang, identitasnya begini, cara melakukannya contohnya menggunakan ditempel serta dibagikan ke warga. Nah itu yang enggak ada,” ucap dia. Pada kesempatan yg sama, Habib juga membantah bahwa TKN yg memasang jikalau stiker pada karung beras bulog tersebut.

Dia menegaskan tidak melakukan itu, apalagi berakibat beras itu menjadi komoditas politik buat menguntungkan Prabowo-Gibran. Sebelumnya, viral pada media umum foto karung beras Bulog berstiker Prabowo-Gibran. Beras itu adalah Stabilisasi Pasokan serta Harga Pangan (SPHP) produksi Perum Bulog. Direktur utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menyebut beras itu sudah dijual ke rakyat serta Bulog tidak mampu mengatur peruntukan beras tersebut usai dibeli masyarakat.

“Beras SPHP tersedia pada mana-mana, di pasar-pasar, di minimarket. Siapa saja sangat praktis mendapatkan beras SPHP,” ucap Bayu. Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun turut buka bunyi tentang masalah ini. ia menilai hal itu disampaikan ke Bawaslu selaku pengawas pemilu. Beliau mengatakan Bawaslu adalah lembaga yang berwenang buat menyimpulkan dugaan temuan tersebut apakah dapat mengkategorikan pelanggaran pemilu atau tidak.

“Saya kira kalau dilema-problem yang berkait menggunakan pemilu, kampanye ada beras bansos terdapat gambar itu aku kira agar disampaikan kepada Bawaslu saja,” kata Ma’ruf pada Istana Wakil Presiden, Jakarta yang dikutip pada Youtube Wakil Presiden RI.

Bawaslu agresif Telusuri Bansos Beras Berstiker Prabowo-Gibran

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengaku tengah menelusuri terkait temuan dugaan bantuan sosial (bansos) berstiker pasangan calon angka urut dua Prabowo-Gibran. Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyebut penelusuran itu dilakukan secara proaktif sebelum ada aduan berasal pihak luar. Saat ini, pihaknya baru akan mempelajari dari video yg tersebar. “Lagi ditelusuri. Kemarin kita bisa gosip, belum terdapat laporan ya, sudah kita telusuri apakah benar ,” kata Bagja di tempat Jakarta.

Bagja berkata Bawaslu juga akan mengecek terlebih dahulu apakah sembako yg dibagikan tersebut ialah bansos. sang sebab itu, dia akan membahas hal tersebut dengan Kementerian Sosial (Kemensos). “Bansos itu wajib ke Kementerian Sosial. Kita harus tanyakan ke Kemensos,” ujarnya.

Bagja menyebutkan bansos tidak boleh disalahgunakan buat kepentingan Pemilu. Selain itu, sembako pula tidak boleh dibagikan ketika berkampanye, kecuali pada bentuk bazar. “Enggak boleh [pakai bansos]. Bansos sebagai program pemerintah tidak boleh dipergunakan sang capres ataupun cawapres,” tuturnya.

TKN Prabowo-Gibran sudah membantah terlibat pada penyaluran beras tersebut.

Wakil koordinator TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman menegaskan tidak pernah berakibat beras itu menjadi komoditas politik.

“Dengan ini kami sampaikan bahwa tak benar bahwa jika ada tuduhan kami yg memasang stiker tadi, kemudian membuahkan beras itu menjadi komoditas politik buat menguntungkan kami,” kata Habiburokhman.

Sebelumnya, viral beras Bulog berstiker Prabowo-Gibran di tengah rakyat jelang pada musim kampanye. Beras itu merupakan Stabilisasi Pasokan serta Harga Pangan (SPHP) produksi Perum Bulog.

Direktur utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi telah mengklarifikasi beras itu sudah dijual ke rakyat. Bulog tak mampu mengatur peruntukan beras itu selesainya dibeli masyarakat. “Beras SPHP tersedia di mana-mana, di pasar-pasar, pada minimarket. Siapa saja sangat simpel menerima beras SPHP,” ucap Bayu.

Beras SPHP Ialah Produk Berasal Pemerintah Yang Disalurkan Melalui Perum Bulog.

Beras tersebut diserap dari petani pada semua wilayah Indonesia buat dikemas dan dipasarkan. Juga Beras SPHP ditujukan buat menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, khususnya bagi rakyat menengah ke bawah. Ketika terjadi lonjakan harga, maka beras SPHP akan berperan krusial. Selain dipasarkan secara luas, Beras SPHP kerap dijadikan menjadi bantuan pangan asal pemerintah untuk rakyat yg tak mampu atau miskin.

Beras Bulog ini mempunyai kualitas yang hampir setara beras medium, tetapi dengan harga yg lebih murah. Warga bisa mendapatkan Beras SPHP baik di pasar tradisional, ritel terbaru, outlet Perum Bulog, pemda, hingga toko-toko lainnya yg menjadi mitra downline Perum Bulog.

Meskipun dipasarkan bebas, pembelian Beras SPHP dibatasi maksimal 10 Kilo Gram per orang. Artinya, setiap orang hanya bisa membeli dua pack yg masing-masing kemasannya berisi 5 Kilo Gram beras. Restriksi pembelian ini Lantaran beras SPHP dari dari cadangan beras pemerintah (CBP), yg digelontorkan ke rakyat demi menstabilkan pasokan serta harga.

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Perum Bulog berkomitmen akan terus melanjutkan program SPHP Beras tadi sepanjang 2024 buat menjaga stabilitas pasokan serta harga pangan dan pengendalian inflasi. Tahun ini, planning penyaluran beras SPHP diperkirakan mencapai 1,dua juta ton. Beras SPHP 2024 dilaksanakan secara merata pada semua wilayah Indonesia dalam bentuk curah serta bungkus 5 Kilo Gram dengan harga zona 1 Rp10.900 per KG, zona dua Rp11.500 per Kilo Gram, serta zona 3 Rp11.800 per Kilo Gram.

Exit mobile version