Site icon SEMBILAN NEWS

Jelang Debat Terakhir Capres 2024, Intip Visi-Misi Paslon soal Pendidikan

Jelang-Debat-Terakhir-Capres-2024,-Intip-Visi-Misi-Paslon-soal-Pendidikan

 

Jadwal debat terakhir calon presiden (capres) 2024 akan berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024. Pada debat kelima Pilpres 2024 ini, setiap pasangan calon (paslon) bakal beradu gagasan soal bidang pendidikan.
Selain tema pendidikan, debat capres terakhir jua akan membahas tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, teknologi info, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya insan, serta inklusi. Lantas, seperti apa visi-misi tiap capres-cawapres di bidang pendidikan? berikut adalah ulasannya.

Visi Misi Capres-Cawapres 2024 Bidang Pendidikan

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan serta Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memiliki misi dalam pendidikan dan kebudayaan, yg meliputi akses pendidikan berkeadilan, kualitas dan kesejahteraan pengajar, sampai keterjangkauan biaya pendidikan tinggi.

buat poin-poin misi lainnya, berikut adalah daftar singkatnya, sebagaimana dikutip dari Visi, Misi 7 acara Kerja Indonesia Adil Makmur buat semua.

2. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming

pada paslon angka urut dua Prabowo-Gibran, bidang pendidikan, sains, teknologi, dan kebudayaan, tertuang dalam Asta Cita 4 yang berbunyi “Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (sdm), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, dan penguatan peran perempuan , pemuda, serta penyandang disabilitas.”

Bidang Pendidikan

Bidang Kebudayaan

Melestarikan Budaya, termasuk:

3. Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Pasangan angka urut 03 Ganjar-Mahfud, pada bidang pendidikan, memiliki visi yakni mempercepat pembangunan insan yg berkualitas, produktif dan berkepribadian dan mempercepat dominasi sains dan teknologi.

Beberapa poin yang diusung dalam visi “Pendidikan Berkualitas dan Merata”, di antaranya:

Selain itu, pula ada beberapa program buat meningkatkan kecepatan penguasaan Sains dan Teknologi melalui akselerasi Riset serta penemuan (R & I) mandiri, yakni menggunakan GP Project serta hadiah beasiswa yg masif serta terarah.

Pertanda Alam Berpihak ke Prabowo-Gibran yg Diungkap Khofifah

Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Khofifah Indar Parawansa menyebut ada indikasi alam yang berpihak di paslon angka 02. Ini diungkapkan Khofifah pada apel besar relawan yg digelar TKD 02 Prabowo-Gibran Jawa Timur di Empire Palace, Surabaya. Koordinator Muslimat NU nonaktif itu menyebut, alam sudah berpihak pada Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024.

“Alam di negeri ini memang sudah berpihak pada Prabowo-Gibran. Maka saya ingin memberikan wis wayahe (telah saatnya),” tegasnya. Khofifah mengaku telah keliling di aneka macam daerah di Jawa Timur. beliau menyebut mayoritas warga mengacungkan salam dua jari ke dirinya.

Warga Selalu Memberi Salam Dua Jari, Menentukan Paslon No 2

“Saya keliling wilayah, warga selalu memberi salam dua jari. Mereka telah menentukan paslon 02 Prabowo-Gibran. Itu saya temukan pada seluruh lini masyarakat, segala strata ekonomi luar biasa semua mendukung Prabowo-Gibran,” jelasnya. Pada kesempatan ini, Khofifah pula membakar semangat ribuan relawan yg hadir menggunakan menggelorakan menang sekali putaran. “Relawan Prabowo-Gibran!” teriak Khofifah yg pribadi dijawab “Menang sekali putaran” sang para relawan.

Khofifah lalu menginstruksikan relawan menjaga suara Prabowo-Gibran.”Lepas 13 Februari malam hari tenang, sekitar 10 hari ini kita wajib menjaga bunyi. penekanan, fokus, fokus. Insyaallah menang sekali putaran,” ucap Khofifah.

Khofifah juga meminta relawan berbondong-bondong pergi ke TPS mencoblos Prabowo-Gibran. tidak hanya itu, Khofifah juga minta relawan jaga TPS. “Aku pesan ke semuanya relawan, penekanan, solid, kerja keras menjaga soliditas. Masa kampanye 7 hari lagi, kemudian 3 hari masa damai. Pastikan 14 Februari 2024 semua relawan bergerak ke TPS, jaga TPS,” jelasnya. “Suara yg signifikan ini tolong dijaga jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. saya minta kawal TPS masing-masing,” ungkapnya.

Tidak lupa Khofifah mengapresiasi kerja seluruh partai politik, tim pemenangan, hingga relawan Prabowo-Gibran. “Saya apresiasi semua yang telah tiba dan kerja bersama. Kerjanya terukur, hari ini elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim makin signifikan. semua parpol pengusung paslon 02, relawan serta semuanya tolong dijaga suara Prabowo-Gibran dalam 10 hari terakhir ini,” tandasnya.

Baca Juga: Prabowo Ngaku Harus Berlatih Jelang Debat Terakhir

Gibran Temui Komunitas Seni pada Tangsel, Pesan Jangan Lupakan Kebudayaan

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan sejumlah komunitas anak muda kreatif di Tangerang Selatan, Banten. Gibran menekankan bahwa kebudayaan tidak boleh dilupakan.
pertemuan pertama bertema Gimmick Anak Selatan yg digelar pada Galeri UMKM pemkot Tangerang Selatan, Sabtu (tiga/2/2024). Hadir dalam pertemuan ini musisi Tompi serta para anak belia dari banyak sekali komunitas seperti musik, film, dan motor.

Selanjutnya, Gibran menemui komunitas kreatif yang berkumpul di Kandank Juank Doank, sentra kreatif milik artis Dik Doank. pada sini terdapat sejarawan, desainer, seniman musik, tari, serta lukis. Gibran hadir ditemani koordinator TKD Barat Airin Rachmi Diany dan Wakil Wali Kota Tangerang Pilar Saga.

Kedatang Gibran Di Sambut Dengan Tarian

Dik Doank menyambut kedatangan Gibran dengan tarian. Dia juga mengajak Gibran melihat lukisan karya seniman pada Kandank Jurank Doank.Gibran menyampaikan rendezvous ini sangat relevan menggunakan debat kelima Pilpres 2024 yg temanya diantaranya berhubungan menggunakan kebudayaan. Gibran menentukan lebih banyak mendengar wangsit, gagasan dan keluhan pelaku seni. “Krusial bagi kami menerima masukan dan evaluasi asal pegiat seni dan kebudayaan,” ucap Gibran.

Gibran menceritakan, pemkot Solo saat ini sedang merevitalisasi daerah kebudayaan serta kesenian. tempat ini akan sebagai lokasi pertunjukan seperti ketoprak dan wayang orang. “Kami ingin memberikan daerah kepada pelaku seni,” katanya. Gibran menegaskan seni dan budaya ialah aset masa depan serta masa lalu. Bagaimana pun kemajuan kota, kata Gibran, seni serta budaya tidak bisa ditinggalkan. “Kebudayaan jangan sampai dilupakan. Itu prinsip yg selalu aku pegang. jika aku diberi jujur lebih lagi, prinsipnya sama,” kata Gibran.

Gibran ingin semakin banyak kawasan pelestarian budaya. Gibran mengaku sejauh ini melihat anak belia Indonesia poly yg kreatif tetapi tidak terdapat daerah dan dukungan aporisma pemerintah. “Dua tahun kemudian kami ke Paris. Kami menutup jalan pada depan Balai Kota Paris, kami hidangkan gamelan dan lain-lain, karena kami ingin kebudayaan kita dipandang. terdapat mal tertua pada Paris, kami isi menggunakan produk UMKM Solo yg sudah dikurasi,” katanya.

Gibran optimis Jika ada kerja sama aneka macam pihak dan fokus mengawal pengembangan seni dan budaya dari A hingga Z, Indonesia mampu bersaing dengan negara lain. Menurutnya, Indonesia lebih kaya dengan budaya dibanding kan negara lain.

Exit mobile version