Site icon SEMBILAN NEWS

Minta Jokowi Perintahkan Gibran Mundur Cawapres

Minta-Jokowi-Perintahkan-Gibran-Mundur-Cawapres

Busyro Muqoddas minta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka mundur menjadi cawapres Pilpres 2024. Mantan Wakil koordinator komisi pemberantasan korupsi itu mengungkit putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Untuk diketahui, DKPP menyampaikan sanksi kepada ketua dan Anggota KPU RI terkait pelanggaran etik terkait pendaftaran Gibran. sanksi yg dijatuhkan berupa peringatan keras. Busyro berpendapat terdapat stigma etika dan moral buntut putusan DKPP.

“Bagaimana terdapat satu tekanan massal agar Presiden Joko Widodo mempertimbangkan menggunakan akurat,” ucap Busyro kepada wartawan pada kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja, Jalan Cik di Tiro, Kota Jogja.

“Yaitu agar anaknya yang walaupun sudah jadi cawapres resmi calon, paslon cawapres akan tetapi menggunakan putusan DKPP cacat secara etika serta moral sekaligus, usahakan dipertimbangkan buat memerintahkan mundur sebagai (calon wakil) presiden,” imbuh Busyro usai jadi pembicara Diskusi Mimbar Demokrasi bertajuk Kajian hukum Politik Dinasti serta Cawe-Cawe Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2024 yang diinisiasi oleh lembaga Cik pada Tiro itu.

DPKP Tersebut Menjadi Puncak Asal Persoalan Etik Yang Terjadi Belakangan Ini

Busyro menilai, putusan DPKP tersebut menjadi puncak asal persoalan etik yang terjadi belakangan ini. Permintaan supaya Jokowi memerintahkan Gibran mundur dari cawapres, menurutnya menjadi satu-satunya cara. Pasalnya penyelesaian dilema etik ini sudah tidak mungkin ditempuh melalui jalur hukum.

“Penyelesaian secara aturan di Indonesia itu hampir tidak mungkin karena Mahkamah Konstitusi sebagai zenit itu pun pula sudah direnggut independency martabatnya oleh pihak-pihak yang terkait dengan famili Gibran, lalu sekarang kuncinya ialah masalah etik ini wajib menjadi agenda semua elemen kekuatan rakyat sipil,” ungkapnya.

Busyro meyakini Bila merampungkan problem etika ini tidak terbatas ruang dan waktu. Adapun masalah prosedur Jika cara tadi dilakukan. Mampu menggunakan kesepakatan tokoh-tokoh rakyat. “Perjuangan menegakkan etika tidak dibatasi sang ruang waktu dan aturan apalagi politik,” ujar Busyro.

“Mekanismenya itu bisa disepakati, ada satu sementara tokoh-tokoh masyarakat sipil yg mempunyai track record yg mengagumkan buat mengambil keputusan darurat etika kenegaraan sekarang,” imbuhnya. Lebih lanjut Busyro pula meyakini Bila langkah memerintahkan Gibran mundur tidak akan Mengganggu proses Pilpres. Pilpres tinggal menghitung hari.

“Merusak atau tidak kan tergantung bagaimana konsep merusak itu, memangnya jika ini diterus-teruskan tidak merusak. Tidak lahir kemungkinan potensi presiden yg dipaksa-paksakan secara melanggar etik serta presiden yang terpilih itu tidak memiliki legitimasi, merupakan sudah mengalami delegitimasi semenjak terutama putusan DKPP,” tutupnya.

Putusan DKPP

DKPP menjatuhkan hukuman pada ketua serta anggota KPU RI pada proses pendaftaran Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Pilpres 2024. sanksi yang dijatuhkan berupa peringatan keras.

“Menetapkan, mengabulkan pengaduan para pengadu untuk sebagian,” ucap koordinator DKPP Heddy Lugito saat membacakan putusan di Gedung DKPP yg disiarkan di YouTube DKPP. “Menjatuhkan hukuman peringatan keras terakhir pada Hasyim Asy’ari,” imbuhnya. Meski demikian, putusan DKPP tadi tidak berdampak terhadap pencalonan Gibran menjadi cawapres.

Pencalonan Gibran sinkron Konstitusi

DKPP menyatakan pencalonan Gibran Rakabuming Raka yg ditetapkan KPU RI sudah sinkron dengan konstitusi. DKPP menyatakan KPU menjalankan sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). “Bahwa berdasarkan ketentuan tersebut pada atas, KPU in casu Para Teradu mempunyai kewajiban buat melaksanakan Putusan Mahkamah Konstitusi tersebut sebagai perintah konstitusi,” bunyi pertimbangan putusan DKPP.

“Bahwa tindakan Para Teradu menindaklanjuti Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 90/PUU-XXI/2023 dalam pencalonan peserta pemilu Presiden dan Wapres Tahun 2024 merupakan tindakan yg telah sinkron menggunakan konstitusi,” imbuhnya.

Andre Rosiade: lautan Massa Padati Kampanye besar Prabowo-Gibran pada Pariaman

Kampanye akbar Prabowo-Gibran pada Pariaman, Sumatera Barat, dipenuhi massa. Teriakan ‘menang satu putaran’ terus bergema di konser Indonesia Maju. Program konser itu digelar pada Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Massa yang tiba didominasi milenial serta Gen Z begitu bersemangat memberikan dukungan mereka pada Prabowo-Gibran.

Ketua Tim Kampanye wilayah (TKD) Prabowo-Gibran Sumbar, Andre Rosiade, menyebut Kota Pariaman luar biasa. sebab menurutnya lautan massa bisa memadati Pariaman meski bukan akhir pekan.

“Alhamdulillah, terima atas kedatangan kita seluruh di program ini. Insya Allah Pak Prabowo akan balik menang pada Pariaman. Serta kini berpeluang menang nasional satu putaran karena hasil survei telah di nomor 54 persen. sementara yg janji cantik ‘omon-omon’ baru 23 %. Di Sumbar Prabowo-Gibran juga unggul 48,9 persen serta yang ngaku memang 80 % ternyata hanya 42,1 %. merupakan klaim mereka itu ‘gadang ota’ (omong akbar),” ucap koordinator DPD Partai Gerindra Sumbar pada berita pers yg diterima.

Turut hadir bersama Andre Rosiade, Caleg incumbent dewan perwakilan rakyat RI Dapil Sumbar II Ade Rezki Pratama, Caleg dewan perwakilan rakyat RI Dapil II yang pula koordinator DPRD Kota Pariaman Harpen Agus Bulyandi atau Andi Cover, Caleg dewan perwakilan rakyat RI Dapil Sumbar II De Bunga Puti Bungsu, koordinator DPC Gerindra Kota Pariaman Fitri Nora serta pengurus Partai Gerindra dan partai koalisi lain.

Dukungan Sumbar Sangat Meriah Kepada Prabowo

Andre Rosiade memastikan, dukungan kepada Prabowo tidak surut di Sumbar. Hal itu terjawab menggunakan padatnya kampanye besar setiap hari pada Kabupaten serta Kota se-Sumbar. “Alhamdulillah, tidak terdapat kampanye besar kita yg tidak pecah serta meriah. tanda dukungan kepada pak Prabowo masih sangat bertenaga. Setiap malam puluhan ribu orang hadir,” istilah Andre.

Adapun konser ini dimeriahkan sang dua artis papan atas dari Piaman Ajo Buset dan Upiak Isiel. Lagu Asoy Tabang dan tidak Tuntuang begitu menghasilkan penonton antusias. Keduanya sempat berduet dan menghibur peserta kampanye. juga ada seniman Minang Kintani, DJ Minang Tiktok DJ Monok dan penampilan spesial jebolan Indonesia’s Got Talent Darak-Badarak.

Sementara itu, ketua DPRD Kota Pariaman Andi Cover yg begitu bersemangat menggemakan Prabowo-Gibran menyebut, dengan dukungan penuh ini, dia yakin Kota Pariaman masih sebagai basis Prabowo. Andi berkata Pariaman 93 persen mendukung Prabowo. “Kita akan buktikan Kota Pariaman masih beserta pak Prabowo. Kita 2019 pecah rekor nasional menggunakan 93 persen pemilih Pak Prabowo,” ucap Andi Cover.

Koordinator DPC Partai Gerindra Kota Pariaman Fitri Nora berkata kampanye serta konser ini sangat berdampak kepada perputaran roda ekonomi warga. Apalagi, semenjak awal 2024, ini adalah acara akbar pertama di Kota Pariaman.

“Malam ini sangat ramai serta bersejarah. Dukungan terhadap pak Prabowo semakin nyata. serta ratusan UMKM di Pantai Gandoriah ini mengalami peningkatan jual beli. Terima kasih pak Andre Rosiade yg sudah membawa program ini ke Pariaman. Kami doakan sukses di daerah berikut,” kata Fitri yg pula Caleg incumbent DPRD Kota Pariaman.

Prabowo Bisa Dukungan Pengusaha Properti, TKN Ungkit acara 3 Juta tempat tinggal

Relawan campuran Pengusaha Properti Indonesia (GAPPI) mendeklarasikan dukungan buat pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. TKN Prabowo-Gibran menyambut dukungan teranyar berasal para pengusaha tersebut.
“Kami relawan yang terdiri asal serikat pengusaha pada bidang usaha properti di seluruh Indonesia, asal Aceh hingga Papua, menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran menjadi presiden dan Wapres RI 2024,” ucap koordinator umum Relawan GAPPI, Hario Rahadanto, pada tempat tinggal Kertanegara. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (lima/dua/2024).

Hario mengatakan pihaknya sudah mengkonsolidasikan kekuatan 350 ribu pemilih di Pulau Sumatera, Kalimantan serta Jawa buat memastikan kemenangan Prabowo-Gibran dalam pilpres sekali putaran.

“Kami telah mengkonsolidasikan kekuatan terutama pada Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Massa yang kami gerakkan menyentuh nomor 350 ribu orang. Ini membagikan kekuatan rakyat serta kehendak masyarakat tidak terbendung menginginkan Prabowo-Gibran sebagai presiden. Atas biar Allah semoga pilpres berjalan sekali putaran,” katanya.

Deklarasi dukungan asal relawan GAPPI secara resmi diterima sang Wakil Komandan Fanta TKN Prabowo-Gibran, Hendy Setiono. Hendy memberikan ucapan terima kasih pada para relawan yg telah menyampaikan dukungan pada Prabowo-Gibran.

“Kami mewakili TKN Prabowo-Gibran menyambut baik kedatangan saudara sekalian. Pengusaha properti ini banyak anggotanya. Tidak hanya developer saja, akan tetapi jua terdapat mandor, tukang, dan keluarga mereka itu banyak,” kata Hendy.

Hendy mengatakan Prabowo-Gibran telah menyiapkan program membentuk 3 juta rumah yg akan membawa manfaat untuk masyarakat, khususnya para pelaku pada bidang properti. Hal itu seperti disampaikan Prabowo pada debat capres yg diselenggarakan KPU, Minggu (4/2) malam.

Exit mobile version