Site icon SEMBILAN NEWS

Anies soal Narasi Pembubaran BUMN: Tidak Benar, Itu Fitnah Yang Tak Masuk Akal

Anies-soal-Narasi-Pembubaran-BUMN-Tidak-Benar,-Itu-Fitnah-Yang-Tak-Masuk-Akal

Calon presiden angka urut satu Anies Baswedan angkat bicara soal adanya narasi pembubaran badan usaha milik negara (BUMN) yg belakangan ramai dibicarakan. perihal ini sempat terlontar dalam program yang diselenggarakan tim suksesnya.

Hal tadi disampaikan Anies pada acara “Desak Anies” di Semarang yang digelar pada Senin malam, 5 Februari 2024. waktu itu, Anies menjelaskan bahwa setiap berita yang diterima harus disikapi secara kritis, termasuk soal ilham perubahan BUMN. Termasuk, kata Anies, saat Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi narasi tersebut. “Ada jenis isu yang jika kita mendengar sudah langsung tahu, wajar apa tidak. Saat lalu malah Pak Menteri yg ngomong,” ucap Anies.

Capres yang diusung Partai NasDem, PKS, dan PKB itu kemudian menegaskan bahwa narasi pembubaran BUMN adalah fitnah. “Yang ingin saya sampaikan itu (tentang pembubaran BUMN) tidak benar. Itu rekaan, rekaan yg tidak masuk akal,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Ia berharap BUMN pada masa mendatang bisa menjalankan fungsi negara serta tidak sekadar dipandang menjadi badan yg mencari untung bagi negara. “Jadi, BUMN jangan dilihat menjadi badan mencari untung bagi negara. Negara tidak bekerja mencari untung. Makanya, aku tadi malam katakan bahwa negara tak berdagang dengan rakyatnya,” ucap Anies.

Adapun sebelumnya, pada acara diskusi yang digelar Tim Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada rumah Perubahan, Jalan Brawijaya, Jakarta, pada Sabtu, 31 Januari 2024, terlontar gagasan konversi BUMN menjadi bentuk koperasi.

Gagasan itu disampaikan tokoh koperasi Suroto PH menjadi masukan pada Timnas AMIN karena menilai selama ini nasib koperasi pada Tanah Air terus dipermainkan berasal satu pemerintahan ke pemerintahan berikutnya.

“Inilah kesempatan komitmen AMIN membuat perubahan, menempatkan koperasi sebagai subyek. Jikalau mau radikal-radikal, BUMN-kan koperasi. pada Undang-undang, seluruh BUMN berbadan aturan PT, kini ubah badan hukumnnya menjadi badan aturan koperasi,” kata Suroto saat itu.

Menteri BUMN Menilai Perubahan Tersebut Bakal Memicu Pengangguran Baru Di Indonesia

Pernyataan tadi yang lalu ditanggapi Erick Thohir. Menteri BUMN itu menilai perubahan tersebut bakal memicu pengangguran baru di Indonesia. Pasalnya, sebesar 1,6 juta orang artinya pegawai BUMN.

Erick pun menyayangkan adanya pernyataan seperti itu. “Benar-benar ironis pandangan mirip itu. Jika ingin dibubarkan dan diganti menggunakan koperasi, maka sama saja memunculkan pengangguran baru di ketika semua orang butuh lapangan pekerjaan,” katanya pada berita tertulis yg diterima di Jakarta, Ahad, 4 Februari 2024.

semua korporasi milik negara sepanjang tahun 2023, kata Erick, sudah menghasilkan deviden terbesar pada sejarah di Indonesia, yakni sebanyak Rp 82,1 triliun. Walhasil, keuntungan yg didapat asal BUMN sudah sebagai pondasi kuat bagi pertumbuhan ekonomi pada Tanah Air.

“Jika dievaluasi terdapat kekurangan, memang tidak terdapat yg sempurna. akan tetapi kita lihat hasilnya hari ini sudah terbukti bagaimana BUMN itu mampu laba Rp 250 triliun, sudah memberikan kontribusi besar, kepada negara yg dipakai buat acara-program yang sedang dilakukan pemerintah, mirip acara kesehatan, pangan,” ujar Erick Thohir.

Menanggapi hal itu, Suroto kembali menegaskan bahwa ide awalnya di pada dasarnya mendorong perubahan berasal BUMN basis perseroan menjadi basis koperasi serta bukan berarti membubarkan perusahaan pelat merah. Akan tetapi hal itu menuai kontroversi serta dipelintir sang Menteri BUMN Erick Tohir.

“Pernyataan Erick Tohir itu jelas tuna makna, karena apa yg aku katakan merupakan wangsit mengganti atau mengonversi BUMN menjadi badan hukum koperasi, bukan membubarkan BUMN,” ucap Suroto.

Baca Juga: Survei Terendah Di Jatim, Ini Respons Cak Imin 

Anies Umumkan E-Ticket Kampanye akbar 10 Februari di JIS, Tiket gratis mampu Dipesan Besok

Anies Baswedan mengumumkan bahwa e-ticket buat kampanye besar Anies-Muhaimin (AMIN) yang berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS) di 10 Februari 2024 segera dibuka. Tiket masuk tadi mampu dihasilkan oleh publik besok, Rabu, 7 Februari 2024.

E-Ticket Kampanye Besar AMIN Dibuka Besok

“Siapkan jari-jarimu untuk perubahan. Kumpul besar Berani Berubah. Dapatkan e-ticket mulai besok! Rabu, 7 Februari 2024. Pukul 11:11 WIB,” tulis poster pengumuman yang diunggah Anies ke platform-nya sejam yg kemudian.

Sebagai info, kampanye terakhir yang diklaim acara kumpul besar itu akan diadakan di Sabtu, 10 Februari 2024 mulai pukul 7 pagi sampai 12 siang. Anies mengajak para pendukungnya buat memesan tiket secara daring melalui website GOERS, goers.co/kumpulakbar. “Empat hari lagi! sudah tidak tabah buat Kumpul akbar di JIS? Siap-siap booking tiketnya besok Rabu, 7 Februari 2024, jam 11:11 WIB. Gratis,” tulis calon presiden yg kerap dijuluki Abah Owl itu.

Antusiasme Pendukung Cari Tiket Online, Imbau Publik Permanen Tiba

Baru sejam pengumuman itu diunggah, netizen yg antusias langsung menyerbu kolom komentar Anies. ada yg semangat ingin memesan tiket. Terdapat juga yang tak sabar bersiap menyerbu JIS menggunakan tiba pagi sinkron anjuran Anies. “Bogor siap berangkat,” tulis @a***. “Tombol yes hadir pada JIS,” tulis @i***.

Tidak sedikit pula yg mengingatkan Anies karena kampanye besar tadi memakai tiket online. “Walau e-ticket udah close, tetap tiba aja ya all. Takutnya banyak pendaftar ghaib kayak pas event kemarin. Kita wajib ngeramein program ini, jangan sampai disabotase lagi,” tulis netizen @v***. “Kalau nanti tiketnya udah full, permanen tiba aja ke JIS. Takutnya buzzer banyak yang war tiket pula,” tulis @h***.

Kampanye pamungkas ini akan menampilkan jajaran penampil asal kalangan penyanyi ternama Tanah Air. Sebelumnya tersebar pada aneka macam platform media umum, khususnya Twitter bahwa kampanye terakhir yg akan dihelat pada Jakarta International Stadium (JIS) itu akan mengusung band Sheila On 7, Tipe-X, penyanyi legendaris Iwan Fals, Rhoma Irama, sampai Elvy Sukaesih untuk memeriahkan program.

Namun, rupanya info tersebut belum dikonfirmasi sang Timnas AMIN. Kemarin, baru band D’Masiv yang secara resmi akan tampil mendukung paslon Anies-Cak Imin. “buat (kampanye akbar) pada JIS yg konfirmasi baru D’Masiv, yg lain belum. Nanti akan pada-update lagi bila sudah terdapat gosip,” istilah juru bicara Timnas AMIN.

Anies-Muhaimin Janji Tambah Pupuk: seluruh Pabrik Pupuk akan Dipaksa Produksi sebesar-banyaknya

Pasangan calon presiden-Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berjanji akan menaikkan produksi pupuk buat memenuhi kebutuhan petani. Muhaimin Iskandar berjanji akan menggenjot produksi pupuk usai dilantik, Jika terpilih menjadi Wakil Presiden RI.

“Kulo kalih Mas Anies (saya beserta Mas Anies) pun bertekad begitu menang Pemilu 14 Februari 2024, tanggal 20 Oktober dilantik pagi hari, sore eksklusif kita upayakan semua pabrik pupuk kita panggil, kita paksa buat memproduksi pupuk sebanyak-banyaknya,” pungkasnya ketika kampanye akbar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, 6 Februari 2024.

Bahkan kata dia, tidak akan segan dan eksklusif memerintahkan pembangunan pabrik pupuk baru, Bila produksi itu belum bisa mencukupi kebutuhan petani.

beliau menyebut tindakan tersebut menjadi upaya buat tidak lagi membiarkan warga , utamanya petani hayati dalam kesengsaraan
“Nek (jika) enggak bisa, atau Jika perlu kita buat pabrik baru pupuk, buat kebutuhan rakyat,” pungkasnya menegaskan.

Ketua umum PKB itu menyatakan telah terlalu lama negara, menelantarkan kebutuhan petani. Selama ini petani berada pada syarat yg menderita serta membutuhkan donasi negara. “Ini namanya tak membiarkan masyarakat sengsara. Ini namanya tidak mengabaikan petani kita. Itu lah yg namanya perubahan,” katanya.

Komisi Pemilihan umum (KPU) RI sudah menetapkan 3 peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar angka urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka angka urut 2, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, terdapat masa hening pada 11-13 Februari. kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Exit mobile version