Site icon SEMBILAN NEWS

KPU Ungkap Alasan Gelar Coblosan Ulang di Menteng Jakpus Hari Ini

KPU-Ungkap-Alasan-Gelar-Coblosan-Ulang-di-Menteng-Jakpus-Hari-Ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta pusat menggelar pemungutan suara ulang (PSU) pada Menteng hari ini. PSU tadi dilakukan Karena adanya pemilih yg terdaftar menjadi pemilih tambahan (DPTb) yang diberi lebih dari satu surat suara.
“Pemilih DPTb yang seharusnya bisa satu suara akan tetapi diberikan empat surat suara,” kata Komisioner KPU Jakpus Achmad Husein Borut. Sementara itu, ketua Divisi pengenalan Pendidikan Pemilih dan Partisipasi warga serta sdm KPU Jakpus, Sahat Dohar Manullang, mengatakan pemungutan suara digelar mulai pukul 07.00-13.00 WIB. lalu, istilah beliau, akan dilanjutkan dengan penghitungan suara.

“Iya, di pukul 13.00 pemungutan suara ditutup. lalu selanjutnya dilaksanakan penghitungan suara di TPS tadi,” ujarnya. Sahat berkata total DPT ada 227 pemilih yang terdiri asal 113 dan 114 wanita. “Pemilih DPTb satu orang yang berhak ikut PS. DPK terdapat empat orang pada ketika pencoblosan lepas 14 kemudian, serta itu pun diberitahukan untuk mengikuti pencoblosan ulang,” tuturnya.

Berikut daftarnya:

Kota Jakarta Pusat

46 TPS Di NTT Gelar Pemungutan Suara Ulang Hari Ini

Sebesar 46 daerah pemungutan suara (TPS) di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU). PSU pada NTT digelar pada hari ini.
“PSU yg digelar pada 12 kabupaten,” kata Komisioner KPU NTT Baharidun Hamzah.

Adapun 46 TPS pada 12 kabupaten di NTT yg menggelar PSU itu diantaranya pada Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Alor, Lembata, Sikka, Nagekeo, Manggarai, Manggarai Barat, Malaka, Kabupaten Kupang, TTU, dan TTS.

Hamzah memastikan grup penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan logistik sudah siap. Menurutnya, logistik buat PSU telah didistribusikan. “Semuanya buat melaksanakan PSU secara serentak di 12 kabupaten serta logistik telah didistribusikan ke kabupaten masing-masing,” ucap Baharudin.

Hamzah berkata pemilih dalam PSU merupakan mereka yang terdaftar dalam DPT serta mengisi daftar hadir waktu pencoblosan 14 Februari 2024 lalu. Menurutnya, pemilih tambahan serta pemilih spesifik yang bermasalah dan menjadi sumber dilema sebagai akibatnya terjadinya PSU tidak lagi diundang untuk menentukan.

Baca Juga: 661 TPS Di 7 Provinsi Gelar Penghitungan Suara Ulang

Pemungutan suara Lanjutan di TPS 144 Sunter Jaya Dimulai Pagi Ini

TPS 144 di Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, menggelar pemungutan suara lanjutan (PSL) hari ini. Rakyat tampak antusias buat melakukan pencoblosan. Pukul 07.50 WIB, rakyat mulai berdatangan ke TPS 144 buat mencoblos. Mereka juga melihat papan berisi daftar calon anggota legislatif yang terpasang pada depan TPS.

Petugas KPPS pada TPS 144 tampak mengenakan baju berwarna putih. Kemudian, ada juga petugas Kepolisian yang berjaga pada lokasi. Salah satu petugas KPPS, Feri berkata masyarakat mulai berdatangan ke TPS 144 lebih kurang pukul 07.00 WIB. Ada tiga RT yang akan melakukan pencoblosan lanjutan di TPS 144. “Masyarakat mulai datang jam 07.00 WIB an. buat 3 RT, RT 06, 07, dan RT 19,” kata Feri pada TPS 144. Dia mengatakan pencoblosan akan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. beliau mengatakan terdapat 278 daftar pemilih permanen (DPT) dan 1 daftar pemilih tambahan (DPTB) yang akan mencoblos di TPS 144.

“278 DPT, DPTB cuman 1,” ujarnya. Selain itu, Feri mengatakan pemungutan suara lanjutan ini digelar Karena logistik surat suara sempat rusak. Surat suara itu rusak sebab terendam banjir saat Pemilu serentak 14 Februari kemudian. “Itu di balai masyarakat RW 08, kawasan penyimpanan logistiknya di sana terendam banjir makanya surat suara pada rusak,” pungkasnya.

8 TPS Di Batam Gelar Pemungutan Suara Lanjutan karena Kertas suara Kosong

Sebanyak 8 daerah Pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Batu Selicin, Lubuk Baja, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menggelar pemungutan suara lanjutan (PSL). PSL di Batam ini digelar hari ini.

Komisioner KPU Kepri, Jernih Millyati Siregar berkata sebanyak 8 TPS di kelurahan Batu Selicin, Lubuk Baja, Batam menggelar PSL. PSL tadi digelar karena pada 14 Februari kemarin kertas suara buat DPRD Kepri kosong di 8 TPS tadi. “PSL yang dilaksanakan pada hari ini ada di 8 TPS pada Kelurahan Batu Selicin, Lubuk Baja, Batam. Juga PSL di gelar pada TPS, 26,27,28, 30, 39, 40, 43 serta 46,” istilah Jernih.

Jernih menyebutkan di 8 TPS yg menggelar PSL itu ada 2.103 yg masuk daftar pemilih. Untuk kertas suara yg disediakan di delapan TPS ada dua.150 kertas. “Jumlah pemilih terdapat 2.103 orang buat kertas suara yg disediakan yakni sesuai dengan daftar pemilih ditambah dua% pemilih atau sekitar 2.150 kertas suara,” ujarnya.

Jernih menyebut yang akan terjadi peninjauan pada beberapa TPS yg menggelar PSL terlihat antusiasme masyarakat cukup tinggi. Hal itu terlihat warga mulai berdatangan memadati TPS asal pagi tadi.

“Antusiasme masyarakat buat cukup tinggi. tadi Kami keliling tadi pagi di TPS 46 cukup banyak. sekarang pada TPS 43 antusiasme rakyat yang punya hak pilihnya relatif tinggi . Apalagi kita lihat di tengah kota seperti ini, rakyat masih peduli,” ujarnya.

Jernih menyebut usai pemilihan serta perhitungan suara DPRD Provinsi Kepri pada taraf TPS. Lalu hasilnya akan eksklusif digabungkan menggunakan proses rekapitulasi yang tengah berlangsung pada tingkat Kecamatan. “Nanti perhitungan pribadi gabung rekapitulasi pada tingkat kecamatan,” ujarnya. Jernih menyebut selain PSL 8 TPS di Kelurahan Batu Selicin, Lubuk Baja, Batam. Hari ini jua digelar pemungutan suara ulang (PSU) pada 8 TPS pada Tanjungpinang. “Hari ini jua digelar PSU di Tanjungpinang. ada 8 TPS yg melaksanakan PSU di Tanjungpinang dan kini sedang berlangsung juga,” ungkapnya.

Satu TPS di Kediri Gelar Pemungutan suara Lanjutan, Ini sebab

Satu TPS di Kediri menggelar Pemungutan suara Lanjutan (PSL) pada Pemilu 2019. Itu dilakukan Lantaran di 17 April lalu, TPS tersebut kehabisan surat suara. Kawasan pemungutan suara yg dimaksud yakni TPS 1 Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. berdasarkan data dari KPUD Kabupaten Kediri, jumlah DPT pada TPS tadi sebesar 191 pemilih. kemudian jumlah yg hadir ke TPS mencapai 175 pemilih.

Namun ketersediaan surat suara DPD di TPS tadi hanya 146 lembar. Jadi terdapat 29 pemilih yang harus melakukan pencoblosan susulan sebab saat itu tidak kebagian kertas suara DPD “PSL pada Kaliboto itu terjadi Karena terdapat beberapa pemilih yang tidak menerima surat suara secara lengkap,” kata koordinator KPU Kabupaten Kediri bilangan Andaru Iswara.

“Mereka pada 17 April kemarin pada waktu mencoblos hanya menerima 4 surat suara saja yaitu Pilpres, dpr RI, dewan perwakilan rakyat tingkat Provinsi dan dpr taraf Kabupaten Lantaran kehabisan surat suara,” imbuh sapta.

Sapta menyebutkan, habisnya surat suara terjadi Lantaran kesalahan pengisian data yg dilakukan KPU Kabupaten Kediri. “Ini tentunya akan menjadi evaluasi tersendiri bagi kami selaku pihak penyelenggara. tetapi yg kentara, kesalahan ini saya pertegas murni lalai atau tak disengaja,” tambahnya.

Meski hanya gelaran PSL, Kapolres Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Anthon Haryadi permanen melakukan tindakan antisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban pada Pemilu 2019. Bahkan pihaknya menyampaikan perhatian khusus menggunakan menurunkan anggota berasal Polsek Tarokan maupun Sat Sabhara Polres Kediri Kota.

“Mengantisipasi adanya gangguan keamanan serta ketertiban, anggota Polsek Tarokan dibantu Sat Sabhara Polres Kediri Kota kita siagakan. Meskipun ini murni kesalahan kelalaian atau tidak disengaja petugas, kami kepolisian permanen melakukan tindakan pengamanan,” istilah Anthon.

Exit mobile version