Site icon SEMBILAN NEWS

Kemenangan Telak Prabowo-Gibran Di PSU TPS 12 Banjarsugihan Surabaya

Kemenangan-Telak-Prabowo-Gibran-Di-PSU-TPS-12-Surabaya

TPS 12 Kelurahan Banjarsugihan, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Paslon 02 Prabowo-Gibran menang telak dalam PSU Pilpres 2024 tersebut. Coblosan ulang di TPS 12 Banjarsugihan dilakukan buat semua jenis surat suara, yaitu capres-cawapres, caleg RI atau DPRD provinsi atau kota, dan DPD.  Sebanyak 199 rakyat dari 279 daftar pemilih tetap (DPT) menggunakan hak pilihnya di coblosan ulang tadi. PSU pun berjalan lancar hingga proses penghitungan suara. Panwascam beserta saksi asal masing-masing paslon capres-cawapres mengawasi penghitungan kertas suara Pilpres. Hasilnya, paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menang telak di TPS 12 Banjarsugihan Surabaya.

Prabowo-Gibran mendapatkan 149 suara, disusul Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang meraih 33 suara. Sementara paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 13 suara. serta, ada 4 suara tidak legal. Masyarakat Banjarsugihan bernama Putri menyempatkan buat mengikuti coblosan ulang. Beliau menilai satu suaranya sangat penting buat menentukan nasib Indonesia 5 tahun ke depan. “tetap gunakan hak suara, meskipun angkanya pada level nasional sudah muncul. karena satu suara sangat memilih,” ujarnya.

Panwascam bersama saksi dari masing-masing paslon capres-cawapres mengawasi penghitungan kertas suara Pilpres. Hasilnya, paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menang telak pada TPS 12 Banjarsugihan Surabaya.

Prabowo-Gibran menerima 149 suara, disusul Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang meraih 33 suara. sementara paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 13 suara. dan , terdapat 4 suara tidak legal. Rakyat Banjarsugihan bernama Putri menyempatkan buat mengikuti coblosan ulang. dia menilai satu suaranya sangat penting buat memilih nasib Indonesia lima tahun ke depan. “Permanen pakai hak suara, meskipun angkanya di level nasional sudah ada. karena satu suara sangat memilih,” ungkapnya.

KPU Gelar Pencoblosan Ulang-Lanjutan di Jakpus hingga Jakut, Begini Hasilnya

Komisi Pemilihan Umum(KPU) baru saja menggelar pemungutan suara lanjutan (PSL) dan pemungutan suara ulang (PSU) di DKI Jakarta. terbaru, total ada 20 TPS yang menggelar PSL serta PSU. Rincian 20 TPS tadi, yakni satu pada Kota Jakarta pusat (Jakpus) serta 19 pada Kota Jakarta Utara (Jakut). Satu TPS di Jakpus menggelar PSU, sementara sisanya menggelar PSL. Total DPT 19.538 pemilih.

Koordinator KPU Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Dinata, sempat meninjau aplikasi pencoblosan tersebut. Dia berkata taraf partisipasi pemilih telah pada atas 50 persen. “Jumlah pemilih yg hadir saya lihat sudah di atas 50 %, beberapa TPS di sini juga sepertinya sudah pada atas 50 persen,” istilah Wahyu.

Rincian TPS

Untuk diketahui, total ada 20 TPS yg menggelar PSL dan PSU pada DKI kemarin. Berikut data 20 TPS tadi:

Kota Jakarta pusat

TPS Kota Jakarta Utara

Kota Jakarta Utara

TPS Kota Jakarta Utara

Kota Jakarta Utara

Baca Juga: Coblosan Ulang Digelar di 10 TPS Surabaya, Begini Suasananya

Hasil Hitung Suara

– Sunter Jaya
sesuai data yg diterima berasal petugas grup Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) di Sunter Jaya, Jakut, pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, unggul pada empat TPS. Empat TPS itu berlokasi pada RW 08 Sunter Jaya, yakni TPS 147, TPS 149, TPS 150 serta TPS 152.
pada empat TPS tersebut, Prabowo-Gibran unggul dengan total memperoleh 324 suara. Disusul Ganjar-Mahfud 221 suara serta Anies-Muhaimin 30 suara.

Ganjar-Mahfud unggul pada TPS 144. di TPS 144, Ganjar-Mahfud memperoleh 83 suara, Prabowo-Gibran 77 suara dan Anies-Muhaimin 8 suara.

Berikut akibat perhitungan pada lima TPS yg menggelar pemungutan suara lanjutan di Sunter Jaya:

144 TPS

147 TPS

149 TPS

150 TPS

152 TPS

149 TPS

150 TPS

151 TPS

152 TPS

153 TPS

Ragam Tanggapan masyarakat soal Coblosan Ulang pada DIY

Pemungutan suara Ulang (PSU) serta Pemungutan suara Lanjutan (PSL) Pemilu 2024 digelar di belasan tempat Pemungutan suara (TPS) pada wilayah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini. Begini ragam tanggapan rakyat.
Tanggapan rakyat
keliru satu yg menggelar PSU alias coblosan ulang di TPS 03 Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul. warga sekitar permanen menyempatkan diri mencoblos meski dirasa suasananya tidak selaras dibandingkan saat coblosan 14 Februari lalu. Salah satunya Fandi (24). Ia merasa antusiasme buat mencoblos ulang menurun. Meski demikian, beliau permanen menyempatkan diri buat mencoblos

“Bila dalam situasinya sih kayak telah tidak sama, bila yang pertama itu sangat antusias, sebab serentak. kalau PSU itu kan hanya beberapa TPS saja, harinya juga sudah beda, terus rasanya jua telah beda, antusiasmenya relatif sedikit berkurang, akan tetapi permanen datang soalnya ingin menyampaikan hak suara,” ungkapnya. Masyarakat lainnya, Danang (42) menyebut dirinya tidak mempermasalahkan digelarnya PSU. beliau tiba ke TPS beserta keluarganya. “(Perasaannya) Biasa sebab di sini PSU-nya kan bukan sebab unsur kesengajaan, cuma human error,” ucapnya.

Pantauan di lokasi, proses pemungutan suara berjalan lancar.

Sementara itu, PSU jua berlangsung pada TPS 32 Pakuncen, Kemantren Wirobrajan, Kota Jogja. PSU di TPS 32 ini dilakukan hanya buat pemilihan Presiden serta Wakil Presiden (PPWP). Koordinator PPS Pakuncen, Triani mengungkapkan terkait alasan dilakukannya pencoblosan ulang pada TPS 32 ini.

“Kemarin ada kesalahan KTP Kalimantan ikut mencoblos padahal tak membawa DPT, hanya membawa surat domisili. lalu beliau diberikan 1 kartu suara hanya untuk memilih presiden dan Wakil Presiden,” ungkap Triani.

“Jumlah Daftar Pemilih permanen (DPT) di TPS ini sama seperti kemarin, sebesar 191 orang,” kata Triani. Salah satu masyarakat setempat, Nur menanggapi pelaksanaan PSU ini. dia mengaku coblosan ulang cukup merusak bagi yang bekerja. “Sebenarnya menghambat ketika sebab sebelumnya kan telah meluangkan ketika di lepas yang telah ditetapkan. Otomatis jikalau kita kerja kan jadi terganggu,” istilah Nur.

Polisi Pastikan Keamanan PSU

Kepolisian memastikan menjaga keamanan selama proses Pemilu. Pengamanan dilakukan beserta pihak terkait. “Hingga menggunakan waktu ini, berlangsung dengan baik belum ditemukan hambatan yang berarti semoga hingga dengan terselesaikan bisa berjalan dengan baik,” ujar Kapolresta Jogja Kombes Aditya. Selain mengamankan TPS, kepolisian akan mengawal distribusi surat suara hingga ke taraf kemantren.

Ucap KPU dan Bawaslu

Semantara pada Kabupaten Sleman, ketua KPU Sleman Ahmad Baehaqi mengungkapkan terkait alasan pelaksanaan PSU serta PSL. “Ya sebab terkait PSU, terdapat warga pada luar DIY yg yang belum mengurus perpindahan hak pilih. Sedangkan untuk PSL, karena kemarin sudah mengisi daftar hadir oleh KPPS, tetapi untuk DPT tadi belum mendapat surat suara lengkap,” celoteh Ahmad kepada wartawan.

Ahmad menjelaskan bahwa aplikasi PSU serta PSL adalah bentuk respons KPU DIY atas saran perbaikan yg diberikan oleh Bawaslu. “Kami mendapatkan saran rekomendasi serta pemugaran berasal Bawaslu, dari Bawaslu memang akhir jadi kami menindaklanjuti saran rekomendasi pemugaran,” kata Baehaqi.

“Terdapat 13 PSL serta PSU adonan. terdapat sekitar 8 PSU, dan lima PSL. akan tetapi terdapat 2 TPS yang terdapat PSU dan PSL, yaitu TPS 125 Condongcatur serta 1 TPS di Kalasan,” ujarnya. Sementara itu, koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi rakyat dan Humas Bawaslu DIY, Umi Illiyana mengatakan hari ini digelar PSU dan PSL secara serentak di DIY. “Hari ini atas keputusan berasal KPU sesuai saran pemugaran asal Bawaslu, serentak 24 Februari 2024 dilaksanakan PSU dan PSL seluruh DIY,” ungkap Umi kepada wartawan di Sleman.

Exit mobile version