Site icon SEMBILAN NEWS

Batas Akhir Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024

Batas-Akhir-Rekapitulasi-Hasil-Penghitungan-Suara-Pemilu-2024

Rekapitulasi yang akan terjadi penghitungan Suara dilakukan selesainya pencoblosan atau pemungutan Suara Pemilu 2024. Tahapan ini bertujuan buat mengetahui hasil Pemilu yang meliputi Pilpres serta Pileg. Lantas, kapan batas akhir rekapitulasi hasil penghitungan Suara Pemilu 2024? Berikut informasinya.

Batas Akhir Rekapitulasi Yang Akan Yerjadi Penghitungan Suara Pemilu 2024

Rekapitulasi yang akan terjadi penghitungan Suara termasuk tahapan Pemilu 2024. Dikutip dari Peraturan Komisi Pemilihan awam (PKPU) nomor tiga Tahun 2022 perihal Tahapan serta Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan umum Tahun 2024, berikut tahapan Pemilu 2024 sehabis pemungutan Suara .

Pencoblosan/Pemungutan Suara : 14 Februari 2024
Penghitungan Suara : 14 Februari 2024 – 15 Februari 2024
Rekapitulasi yang akan terjadi penghitungan Suara: 15 Februari 2024 – 20 Maret 2024

Penetapan yang akan terjadi Pemilu: saat tiga hari sehabis pemberitahuan MK atau tiga hari sehabis putusan MK

Baca Juga: BSSN Ungkap Kronologi Kebocoran Data Pemilih KPU RI

Siapa yang menetapkan yang akan terjadi Pemilu 2024?

Dari Pasal 41 Ayat (tiga) UU nomor 7 Tahun 2017, penetapan yang akan terjadi Pemilu dilakukan oleh KPU, KPU Provinsi, serta KPU Kabupaten/Kota dalam kedap pleno terbuka. Berikut Suara aturannya.

Ketentuan Penetapan Hasil Pemilu 2024

Merujuk di PKPU nomor 3 Tahun 2022, penetapan akibat Pemilu 2024 digelar sesudah rekapitulasi yang akan terjadi penghitungan Suara. Penetapan yang akan terjadi Pemilu dilakukan di waktu tiga hari setelah pemberitahuan MK atau 3 hari setelah putusan MK.

Jadi, sebelum melakukan penetapan akibat Pemilu, penyelenggara Pemilu perlu menunggu putusan MK. Putusan MK yang dimaksud artinya putusan soal konkurensi Pemilu atau perselisihan yang akan terjadi Pemilu.

Bila tidak ada yang mengajukan permohonan konkurensi Pemilu atau perselisihan akibat Pemilu, maka pengumuman penetapan hasil Pemilu akan diumumkan sang KPU paling lambat 3 hari selesainya KPU memperoleh surat pemberitahuan asal MK.

Susul Prabowo, Gibran Juga Bakal Terima Ucapan Selamat dari UEA

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka hingga ketika ini unggul dalam yang akan terjadi hitung cepat (quick count) dan real count Pilpres 2024. Tidak cuma Prabowo yg sudah mendapat ucapan selamat, cawapres Gibran Rakabuming mengaku pula bakal mendapat ucapan serupa dari pejabat Uni Emirat Arab (UEA).
“Rencana (diberi) selamat itu minggu depan oleh petinggi-petingginya sana dijadwalkan ya minggu depan,” kata Gibran waktu ditemui pada Balai Kota Solo.
Gibran menyebut ucapan selamat dari petinggi UEA itu bakal disampaikan via sambungan telepon.

“(Disampaikan via) Telepon saja minggu depan,” ujar Gibran. Di sisi lain, Gibran mengaku telah mendapatkan sejumlah ucapan selamat berasal para tokoh lainnya. namun, Gibran enggan memerinci siapa saja yg telah memberinya ucapan selamat.

“Ya itu tersebut, minggu depan dijadwalkannya. (Selain asal UEA) Ya ada dari beberapa, wis tidak neng Mangkunegaran sik ya (telah saya mau ke Mangkunegaran dulu),” ujarnya.
Capres angka urut dua, Prabowo Subianto, mendapatkan ucapan selamat asal pemimpin-pemimpin global. Salah satunya, tiba dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed (MBZ).

Hal itu disampaikan Prabowo lewat akun X-nya @prabowo. Beliau menerima ucapan atas yang akan terjadi pemilu Indonesia.

“Hari ini, saya menerima kehormatan mendapatkan ucapan selamat atas yang akan terjadi pemilu kita dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) H. H. @MohamedBinZayed,” istilah Prabowo.

Rekapitulasi Nasional Hari ke-2: Prabowo-Gibran Unggul di PPLN Osaka

KPU pulang menggelar rapat pleno rekapitulasi akibat penghitungan Suara tingkat nasional yg dimulai asal luar negeri. Total terdapat 128 PPLN yg akan direkapitulasi. Rapat digelar di tempat kerja KPU, Menteng, Jakarta pusat. Pembacaan rekapitulasi dimulai asal PPLN Osaka, Jepang, yg dibacakan sang koordinator PPLN Osaka, Ahmad Fauzan. Dalam rekapitulasi PPLN Osaka, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka unggul. Total Suara yang diperoleh artinya 1.977 Suara.

Selanjutnya, disusul oleh pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggunakan 1.177 perolehan Suara. kemudian, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo serta Mahfud Md mendapatkan 745 Suara. “Untuk jumlah Suara sah ada 3.899. Jumlah Suara tidak sah 146 serta jumlah Suara legal serta tidak sah 4.045,” istilah Fauzan.

Total DPT Osaka ialah 9.053 pemilih, yang memakai hak pilihnya sebesar 3.223 orang. kemudian, buat pengguna hak pilih pada DPTb sebanyak 738 pemilih dan pengguna hak pilih dalam DPK sebesar 84 pemilih.

Diketahui, KPU sudah melakukan rekapitulasi nasional buat tujuh PPLN. Antara lain, Athena, Yunani; Perth, Australia; Manila, Filipina; potongan, Maroko; Praha, Republik Ceko; Manama, Bahrain; dan Tokyo, Jepang.

Bank dunia Soroti acara Makan Siang gratis, Gibran Bilang Begini

Bank dunia menilai acara makan siang gratis yang diusung sang pasangan calon presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka seharusnya disiapkan secara matang. Gibran memberikan terima kasih.
“Terima kasih buat masukannya, World Bank ya. yang namanya acara dan visi misi sempurna telah didiskusikan, tapi tidak bisa dipaparkan sekarang sebab apa, saya masih Wali Kota,” istilah Gibran pada Balai Kota Solo.

Putra sulung presiden joko widodo(jokowi) itu juga akan mendiskusikan terkait besaran makan siang gratis pada mana per anak akan mendapatkan Rp 15 ribu. Perhitungan pula akan dilakukan mengingat besaran Rp 15 ribu per anak membuat defisit APBN.

“(Besaran Rp 15 ribu per anak) Nanti akan kita diskusikan, Jika terdapat masukan asal rakyat akan dievaluasi lagi. (Defisit APBN) Nanti akan dibicarakan lagi, gitu nggih,” tuturnya.

Exit mobile version