Site icon SEMBILAN NEWS

Hasil Rekapitulasi, Prabowo-Gibran Sapu Bersih Kemenangan

Hasil-Rekapitulasi,-Prabowo-Gibran-Sapu-Bersih-Kemenangan

Komisi Pemilihan Umum(KPU) tengah menggelar rekapitulasi hasil suara Pilpres 2024 tingkat nasional di setiap provinsi. Hingga Selasa, setidaknya telah ada 16 yg direkapitulasi.
Berdasarkan Peraturan KPU nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024. Berikut hasil rekapitulasi tingkat nasional pada 16 provinsi yang sudah dilakukan KPU:

1. DIY

2. Gorontalo

3. Kalimantan Tengah

4. Lampung

5. Bangka Belitung

6. Kalimantan Barat

7. Sumatera Selatan

8. Jawa Tengah

9. DKI Jakarta

10. Kepulauan Riau

11. Nusa Tenggara Timur

12. Kalimantan Selatan

14. Banten

15. Bali

16. Kalimantan Utara

Baca Juga: Hasil Rekapitulasi Pilpres 2024 Anies-Prabowo-Ganjar di 13 Provinsi

Dpr Undang KPU Rapat Evaluasi Pemilu 2024 Setelah Rekapitulasi Terselesaikan

Anggota Komisi II dpr RI Guspardi Gaus mengatakan kedap Dengar Pendapat (RDP) menggunakan Komisi Pemilihan Umum(KPU) diusulkan untuk digelar sesudah 20 Maret 2024, atau sesudah proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat nasional di KPU selesai. Beliau mengatakan KPU sedianya dipanggil sang Komisi II dpr RI buat menghadiri RDP di Kamis (14/3), beserta para penyelenggara pemilu lainnya yakni Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) serta Kementerian dalam Negeri. tetapi KPU telah mengirimkan surat ke Komisi II buat meminta penjadwalan ulang.

“Jadi sekretariat (Komisi II) mengusulkan di atas lepas 20 Maret, jadi sehabis penghitungan secara nasional pilpres, pileg, dan DPD,” kata Guspardi. Menurutnya, perlu terdapat pemahaman terkait syarat objektif KPU yang ketika ini tengah disibukkan dengan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional. Walaupun begitu, beliau berkata pimpinan juga anggota Komisi II pun belum mendiskusikan penjadwalan ulang RDP tersebut.

Legislator berasal Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu pun berkata rencananya rencana RDP akan membahas evaluasi tahapan pemilu serentak 2024 di Ruang rapat Komisi II. “Hingga sekarang belum terdapat reschedule dari pimpinan yang dirancang beserta anggota, tetapi sekretariat mengusulkan penundaan itu selesainya tanggal 20,” kata dia.

Sebelumnya KPU mengirimkan surat ke Komisi II dpr RI terkait permohonan penjadwalan ulang RDP menggunakan nomor surat 500/PR.05-SD/01/2024. Surat yg diterbitkan pada 11 Maret 2024 itu ditandatangani oleh ketua KPU Hasyim Asy’ari. Sesuai Peraturan KPU angka 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga dengan 20 Maret 2024.

Pemilu 2024 mencakup pemilihan presiden serta Wakil Presiden, anggota dpr RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota menggunakan daftar pemilih tetap (DPT) taraf nasional sebesar 204.807.222 pemilih. Untuk pemilihan presiden dan Wapres, diikuti 3 pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar angka urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md angka urut 3.

KPU Menetapkan Prabowo-Gibran Menang di Banten, AMIN kedua

Komisi Pemilihan Umum(KPU) mengesahkan perolehan suara calon presiden serta Wapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul pada Provinsi Banten. hasil ditetapkan dalam kedap pleno rekapitulasi yang akan terjadi perolehan suara nasional pada kantor KPU RI, Jakarta. “Menggunakan demikian rekapitulasi yang akan terjadi pemilu presiden dan Wakil Presiden buat provinsi Banten kita sahkan,” kata Komisioner KPU August Mellaz dalam rapat pleno

Berdasarkan rekapitulasi, Prabowo-Gibran tercatat meraup 4.035.052 suara pada Banten. Kemudian posisi ke 2 terdapat Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 2.451.383 suara dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggunakan 720.275 suara. Jumlah rakyat yg tercatat di Daftar Pemilih permanen (DPT) Pemilu 2024 di Provinsi Banten sebesar 8.842.646 orang. dari jumlah itu, mereka yang memakai hak pilihnya tercatat terdapat sebanyak 7.267.751 orang.

Terdapat jumlah pemilih di Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 65.097 orang serta yang terdaftar menjadi Daftar Pemilih khusus (DPK) berjumlah 89.659 orang. Secara holistik jumlah pemilih yang memakai hak pilihnya di Provinsi Banten sebanyak 7.422.507 orang. Jumlah suara legal pada Banten sebanyak 7.206.710, sedangkan suara tidak legal sebesar 215.797.

Sesuai rekapitulasi nasional per Sabtu (9/3) hingga Senin (11/3) pukul 17.30 WIB, KPU RI sudah mengesahkan perolehan suara pilpres di delapan provinsi, meliputi wilayah spesial Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, serta Sumatera Selatan.

Prabowo-Gibran meraih 14.023.664 suara di delapan provinsi tadi. Selanjutnya, Ganjar-Mahfud menerima 4.125.376 suara, serta Anies-Muhaimin meraih 3.791.858 suara. Sinkron dengan Peraturan KPU angka 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Prabowo Cerita ke Raja Yordania: saya Punya Kenangan indah di Amman

Prabowo Subianto mengaku punya kenangan indah di Amman, Yordania, ketika berbicara dengan Raja Yordania Abdullah II melalui sambungan telepon.
dalam dialog itu, Raja Abdullah II menyampaikan selamat pada Prabowo menjadi calon presiden terpilih sesuai hasil penghitungan ad interim KPU serta sejumlah lembaga survei.
“Saya punya kenangan latif di Amman,” kata Prabowo pada pembicaraan itu.

Pembicaraan mereka itu diunggah Prabowo pada akun Instagramnya di Selasa. Namun, Prabowo tidak mengungkapkan lebih lanjut kenangan mirip apa yang beliau maksud. Raja Yordania lalu menimpali, “saya juga punya kenangan latif dengan Anda, sahabatku.”

“Saya sangat suka mendengar suara Anda, hari ini membentuk saya bahagia,” imbuh dia. Raja Abdullah II juga menyampaikan ingin bertemu secara pribadi dengan Prabowo buat memberikan selamat. beliau berharap bisa bertemu Prabowo sesegera mungkin pada Indonesia atau di Yordania. Abdullah II dan Prabowo memiliki hubungan yg dekat. Mereka pernah sama-sama menempuh pendidikan di lembaga pembinaan pasukan spesifik Amerika serikat, Fort Benning. Prabowo pula dianggap pernah tinggal pada Yordania pada 1998. dia bahkan sempat ditawari kewarganegaraan Yordania.

Namun, Prabowo menolak menggunakan alasan Indonesia tidak mengizinkan kewarganegaraan ganda, demikian dikutip New York Times. Di Pilpres, Prabowo serta Gibran Rakabuming Raka unggul menggunakan rata-rata raupan suara 57 persen berdasarkan yang akan terjadi hitung cepat atau quick count sejumlah forum survei. sementara itu, yang akan terjadi resmi KPU baru diumumkan di 20 Maret 2024.

Exit mobile version