Site icon SEMBILAN NEWS

Rekapitulasi Pilpres 2024 38 Provinsi Selesai, Prabowo Menang

Rekapitulasi-Pilpres-2024-38-Provinsi-Selesai,-Prabowo-Menang

KPU sudah terselesaikan melakukan rekapitulasi suara tingkat nasional buat Pilpres 2024. Dari 38 provinsi di Indonesia, bagaimana perolehan suara paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, paslon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md? KPU selesai melakukan rekapitulasi suara asal 38 provinsi, malam ini. Provinsi terakhir yang direkapitulasi artinya Papua. Prabowo-Gibran unggul pada 36 provinsi sementara Anies-Cak Imin unggul di 2 provinsi. Sedangkan, Ganjar-Mahfud tidak menang pada provinsi manapun. Selain buat pilpres, KPU pula telah merampungkan rekapitulasi suara pileg. Berikut adalah hasilnya buat Pilpres 2024:

1. Yogyakarta

2. Gorontalo

3. Kalimantan Tengah

4. Bali

5. Lampung

6. Bangka Belitung

7. Kalimantan Barat

8. Sumatera Selatan

9. Jawa Tengah

10. DKI Jakarta

11. Kepulauan Riau

12. Nusa Tenggara Timur

13. Kalimantan Selatan

14. Banten

15. Kalimantan Timur

16. Kalimantan Utara

17. Sulawesi Tenggara

18. Jawa Timur

19. Sulawesi Barat

20. Papua Barat

21. Riau

22. Sulawesi Utara

23. Bengkulu

24. Sumatera Barat

25. Sulawesi Selatan

26. Aceh

27. Nusa Tenggara Barat

28. Papua Selatan

29. Jambi

30. Sumatera Utara

31. Maluku Utara

32. Sulawesi Tengah

33. Papua Tengah

34. Papua Barat Daya

35. Maluku

36. Jawa Barat

37. Papua Pegunungan

38. Papua

Baca Juga: TKN Prabowo-Gibran: Rekapitulasi Pilpres Berlangsung Baik

Prabowo-Gibran Menang pada 36 Provinsi, Ganjar Bilang Begini

Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyikapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah terselesaikan melakukan rekapitulasi suara taraf nasional buat Pilpres 2024. Ganjar merespons Suara Paslon 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang unggul pada 36 provinsi.
“Kita tunggu hasilnya berasal KPU,” kata Ganjar pada Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, Jalan Teuku Umar, Menteng.

Ganjar mengatakan telah mempersiapkan segala sesuatu menyikapi akibat Pilpres 2024. Ia mengatakan tim hukum pihaknya akan merogoh sikap pada saat yg tepat. “Kita sudah siap. Kita telah nyiapin banyak hal ya. Tim aturan kita juga telah siap, Maka kita akan ikuti proses,” kata Ganjar. “Insyaallah teman-sahabat telah menyiapkan dengan baik. Tinggal nanti timingnya kapan, waktunya kapan, respons-respons itu akan kita berikan,” katanya.

Adapun KPU terselesaikan melakukan rekapitulasi Suara asal 38 provinsi, malam ini. Provinsi terakhir yang direkapitulasi adalah Papua. Prabowo-Gibran unggul di 36 provinsi ad interim Anies-Cak Imin unggul di dua provinsi. Sedangkan, Ganjar-Mahfud tidak menang di provinsi manapun.

Jawaban Gibran Ditanya soal Menang Telak pada 34 Provinsi

Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka merespons waktu ditanya terkait pasangan Prabowo-Gibran menang telak di 34 provinsi pada Indonesia. Gibran mengaku belum tentu serta beliau meminta buat menunggu 2 provinsi lagi yang belum selesai rekapitulasi.
“(Menang telak di 34 provinsi) Ya belum tentu, dinantikan aja 2 provinsi,” kata Gibran
Kemudian, disinggung mengenai menang satu putaran, Gibran kembali meminta buat menunggu sampai seluruh perhitungan terselesaikan. seperti diketahui, buat perhitungan hasil rekapitulasi sang KPU RI tinggal menunggu dua provinsi lagi yakni Papua serta Papua Pegunungan. “(Satu putaran) dinantikan saja sampai selesai, ya,” bebernya.

Tentang adanya aksi demo di beberapa daerah, Putra sulung Presiden joko widodo (jokowi) itu tidak mempersoalkan. beliau menyebut terpenting aksi tersebut berjalan menggunakan tertib. “(Terdapat banyak demo) Ya nggak papa, yang krusial berjalan menggunakan tertib,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Gibran mengaku tidak terdapat kegiatan spesifik di hari pengumuman yang akan terjadi pemilu 2024. Dirinya sendiri berkantor pada Balai Kota Solo.

KPU RI akan menggelar rekapitulasi penghitungan Suara pemilu 2024 tingkat nasional buat 2 provinsi tersisa hari ini. KPU berupaya penetapan akibat pemilu bisa dilakukan tepat waktu. Rencananya rekapitulasi akan dimulai pukul 10.00 WIB pada kantor KPU RI. 2 provinsi tersisa yang akan melaksanakan rekapitulasi artinya Papua dan Papua Pegunungan.

Diketahui dari 38 provinsi pada Tanah Air, KPU baru menuntaskan rekapitulasi nasional pada 36 provinsi. Sedangkan 128 PPLN sudah merampungkan rekapitulasi nasional. ketua KPU Hasyim Asy’ari berharap pihaknya dapat merampungkan penetapan akibat Suara pemilu 2024 tepat saat. Diketahui, batas akhir penetapan hasil rekapitulasi ialah hari ini, 20 Maret 2024.

“Moga-moga mampu lancar sempurna waktu sebagai akibatnya kita masih mampu memutuskan yang akan terjadi pemilu secara nasional atau pada tingkat nasional sesuai dengan kerangka saat yang ditentukan UU yaitu dalam durasi paling lama 35 hari sehabis hari pemungutan suara serta itu bertepatan di lepas 20 Maret 2024,” tuturnya.

Exit mobile version