Site icon SEMBILAN NEWS

Bawaslu Sebut Ada 4.211 TPS di Indonesia Sulit Dijangkau

Bawaslu-Sebut-Ada-4.211-TPS-di-Indonesia-Sulit-Dijangkau

Bawaslu RI memetakan kerawanan kawasan pemungutan bunyi (TPS) pada Pemilu 2024. Total ada sebanyak 4.211 TPS pada daerah luar Indonesia yg sulit dijangkau. “Terdapat sekitar 4.211 TPS yang lalu sulit dijangkau geografi nya. Ini belum bicara Papua, ini di luar Papua. Jadi khususnya daerah terluar, ini yang menjadi kerawanan,” istilah ketua Bawaslu Rahmat Bagja pada tempat kerja Bawaslu RI.

Bagja mengatakan, salah satu contoh daerah yg sulit dijangkau yakni Kabupaten Taliabu yang berlokasi pada Provinsi Maluku Utara. Pengawas Pemilu wajib menempuh perjalanan 2 hari 2 malam melalui jalur laut buat hingga di sana.

“Misalnya kita bicara Taliabu contohnya. Taliabu itu dua hari dua malam melalui kapal. Itu satu kabupaten tersendiri, apalagi tingkat kecamatannya, terdapat juga terpecah-pecah dengan pulau taraf desanya,” ungkapnya.

Bagja menambahkan, pihaknya beserta KPU RI dan stakeholder terkait telah memberikan rekomendasi terkait pertarungan yang ada. Termasuk melaksanakan penyaluran distribusi logistik pemilu secara tepat.

“Kami akan melibatkan, ini telah mulai, sahabat-sahabat kepolisian, KPU, juga tokoh masyarakat tokoh tata cara yang tidak berhubungan dengan partai politik, itu buat melakukan pengawasan logistik serta distribusi logistik di ketika ini. sebab ini sekarang telah mulai distribusi logistik ke seluruh daerah, khususnya wilayah-wilayah yg relatif sulit dijangkau serta kini telah dilakukan oleh teman-sahabat pengawas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bagja menekankan patroli tersebut pula dilakukan buat memantau dan mengantisipasi terjadinya politik uang. dia berharap patroli itu mampu mengurangi praktik tadi dan membentuk pemilu yg langsung, awam, bebas, rahasia, amanah dan adil (Luber Jurdil) “Juga melakukan pengawasan anti politik uang. Semoga patroli ini mampu meredusir (mengurangi) praktik-praktik politik uang,” tuturnya.

Momen Mahfud Umrah di Masa Tenang Kampanye Pemilu 2024

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md mengisi masa tenang Pemilu 2024 dengan ibadah umrah. Mahfud umrah sehabis melaksanakan kampanye besar bersama capresnya Ganjar Pranowo pada Solo dan Semarang, beberapa hari lalu.
Mahfud bersama rombongan tiba di Makkah, Minggu. Pagi saat setempat. Sesampainya pada Makkah, Mahfud langsung melaksanakan ibadah umrah di Makkah Al Mukarromah.

“Rombongan datang Minggu pagi di kota suci Makkah dan langsung melaksanakan umroh,” kata mantan staf spesifik Mahfud, Rizal Mustary saat dihubungi melalui pesan singkat.

Mengenakan sandang ihram, mantan Menko Polhukam itu terlihat khusuk beribadah. Setelahnya, Mahfud dijadwalkan menuju Masjid Nawabi di Madinah untuk melanjutkan rangkaian ibadah umrah. “Minggu sore melanjutkan perjalanan menuju Madinah Al Munawwarah buat melaksakan banyak sekali kegiatan ibadah antara lain di Masjid Nawabi,” ujarnya.

Mahfud pergi umrah beserta mantan staf khususnya, di antaranya Rizal Mustary, Imam Marsudi, Mabrur dan Erwin Moealim. Mahfud sebelumnya mengaku telah seringkali melaksanakan ibadah umrah. dia mengaku tidak terdapat doa khusus.

“Saya telah biasa umrah, doanya nggak ada doa spesifik ya doa umum aja, minta proteksi Allah, minta restu Nabi Muhammad jadi itu, saya telah umrah udah puluhan kali ya, 40 kali lebih kali ya, udah biasa, akan tetapi itu rutin buat ibadah,” kata Mahfud pada wartawan di Solo, Jawa Tengah. Diketahui, Minggu-Selasa (11-13/2) artinya masa damai kampanye. Sehabis itu, hari pencoblosan dilakukan Rabu. Di hari yg sama, mulai dilakukan penghitungan suara. Rekapitulasi suara dilakukan pada 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Baca Juga: Anies Jawab Ganjar : Kampanye, Datang Bukan Massa Bayaran

Masa Tenang Pilpres, Ganjar-Mahfud Masih Sapa dan Silaturahmi ke masyarakat

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengungkap aktivitas yg dilakukan paslon nomor urut 3 tersebut ketika masa hening kampanye Pilpres 2024. Keduanya permanen beraktivitas menyapa dan bersilaturahmi ke masyarakat. “Ya Pak Ganjar permanen beraktivitas, menyapa, silaturahmi ke rakyat. Tentu secara formal mengumpulkan orang, bersosialisasi, berkampanye, memasang atribut, itu yang tidak boleh,” istilah Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Masinton Pasaribu, pada wartawan pada Jakarta Selatan.

Menurutnya, dalam masa hening silaturahmi harus tetap terbangun. Juga wajib permanen mendengar aspirasi dan apa yg menjadi impian warga.”Serta itu dalam yang diklaim masa damai ini kan silaturahmi harus tetap terbangun. permanen mendengar aspirasi serta asa masyarakat, membangun komunikasi terus. Baik itu Pak Ganjar serta Prof Mahfud,” ungkapnya. Selain itu, lanjut Masinton, konvoi kader partai pengusung pula dilakukan. Mereka juga bersosialisasi serta bersilaturahmi pada masyarakat.

“Selain itu tentu konvoi kader-kader partai pengusung ya bergerak terus ke bawah. Bersosialisasi, bersilaturahmi ke warga , bukan dalam arti bertatap muka dalam jumlah banyak orang,” imbuhnya. Para kader jua mengingatkan balik masyarakat agar datang ke TPS buat mencoblos di tanggal 14 Februari nanti. serta memakai hak pilih mereka buat demokrasi. “Mengingatkan balik supaya tiba ke TPS di 14 Februari nanti, menggunakan hak pilihnya buat demokrasi,” katanya.

Isi Masa Tenang, Anies Reuni bersama sahabat Sekolah Menengan Atas di Kediamannya

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mengisi masa hening pilpres dengan reuni bersama rekan SMA 2 Yogyakarta. Reuni itu dilakukan pada kediaman Anies pada Jalan Lebak Bulus dalam 2, Cilandak, Jakarta Selatan. “Sahabat-sahabat SMA dua Yogyakarta angkatan 88-89 terima kasih telah panjang sekali kita tak jumpa sebesar ini,” ucap Anies. Anies mengatakan pertemuan bersama teman masa sekolahnya itu artinya momen luar biasa. beliau mengapresiasi para sahabatnya yg telah menyediakan waktu buat melakukan reuni.

“Ini momen yang luar biasa. Kami bersyukur sekali bisa bertemu menggunakan teman semua, sebenarnya sempat risi dengan jadwal tapi alhamdulillah kita bisa,” ucap Anies. Dalam kesempatan tersebut, Anies banyak mengobrol mengenai masa lalunya ketika SMA. Selain itu, dia pun menceritakan tentang keluarganya bersama Fery Farhati dan anak-anak sampai bagaimana dia memutuskan tinggal pada kediamannya yg sekarang. Anies berharap silaturahmi yg terbangun dapat terus terjalin sebagai akibatnya silaturahmi tidak akan terputus.

“Senang bisa ngobrol pagi ini serta insyaallah ini silaturahmi yg terencana, sehingga nggak terputus terlalu panjang, biar kita itu nggak pangling,” kata Anies disambut gelak tawa sahabat-temannya.

Cak Imin Bakal Gelar Doa beserta waktu Masa Tenang: Semoga Pemilu Lancar

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan menggelar doa beserta waktu masa hening Pilpres 2024. Cak Imin berharap Pemilu berjalan lancar.
“Ya minggu hening kita akan menyelenggarakan doa-doa beserta, yang tidak lagi kampanye,” kata Cak Imin di Malang.

Cak Imin berharap paslon lain juga melakukan doa beserta buat kelancaran Pilpres. Beliau juga mendoakan supaya Pemilu berjalan sinkron asas luber serta jurdil. “Semoga semuanya jua melaksanakan hal yg sama doa beserta, semoga semuanya pemilu lancar, adil, eksklusif, awam, misteri,” ungkapnya. Selain itu, Cak Imin mengaku sengaja menutup road show kampanyenya dengan agenda ‘Slepet Imin’. Dia ingin berdialog dan mendengar eksklusif keluhan rakyat.

“Ya aku kira bila ada waktunya sebetulnya kita pengen lebih banyak lagi ya mendapatkan masukan, berdialog, mencari formula bersama, toh di akhirnya kita akan memperbanyak surat keterangan pengambilan keputusan. Sehingga begitu AMIN menerima kepercayaan telah eksklusif partisipasi rakyat akan tinggi sebab itu lah yg menjadi tuntutan serta asa,” istilah Cak Imin.

“Keliru satu buat sukses pintu sukses pembangunan itu jika warga terlibat. Ya nanti kita pun begitu pada mengambil keputusan rakyat wajib memiliki akses, aspirasi. sebagai akibatnya tuntutan-tuntutan mereka punya penyaluran. Bila tidak melalui pemerintah, melalui dewan perwakilan rakyat akan tetapi kalau 2-duanya buntu akhirnya gerakan turun ke jalan,” imbuhnya.

‘Slepet Imin’ Yakni Duduk Perkara Pengangguran Yang Tinggi

Dia berkata keluhan yg paling berkesan selama program ‘Slepet Imin’ yakni duduk perkara pengangguran yg tinggi. kemudian, problem porto kuliah yang tinggi serta beasiswa. “Paling menonjol sebenarnya pengangguran yang paling tinggi, kedua, ya biaya kuliah, beasiswa yg mereka homogen-rata pada Bandung di Jogja pada semua kota homogen-rata hasrat mendapatkan bantuan porto bagi mahasiswa yg kurang bisa artinya apa? Kita nanti wajib memperbanyak beasiswa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Cak Imin mengatakan semua metode kampanye akan dipergunakan Bila Pilpres masuk 2 putaran. di antaranya kolaborasi program ‘Slepet Imin’ serta ‘Desak Anies’. “Ya moga-moga seluruh metode kampanye kita pakai, keliru satunya slepet, desak, bahkan kolaborasi slepet dan desak bahkan yg kita belum mampu laksanakan segmented kemarin ada permintaan segmentasi khusus profesi peternak slepet dan desak di bidang tertentu,” ujarnya.

Exit mobile version