Site icon SEMBILAN NEWS

Logistik Pemilu Diantar Kapal Kayu 15 Jam ke Pulau Terjauh Natuna

Logistik-Pemilu-Diantar-Kapal-Kayu-15-Jam-ke-Pulau-Terjauh-Natuna

Logistik Pemilu 2024 buat pulau terjauh di Natuna Kepulauan Riau diantar memakai Kapal Pelni dan dilanjutkan menggunakan kapal kayu selama 15 jam.
Pulau terjauh itu ialah Pulau Panjang yang terpisah dengan Ranai, mak Kota Kabupaten Natuna. koordinator KPU Natuna, Kusnaidi bercerita kapal kayu tadi sempat diterjang gelombang ganas mencapai 4 meter.

Supaya kotak suara serta surat bunyi aman berasal air bahari, petugas KPU menutupnya menggunakan kantong plastik bening supaya tidak basah asal percikan air laut.

“Untuk lima pulau terjauh dari ibu Kota Ranai Kabupaten Natuna seperti Pulau Panjang datang di lokasi di tiga Februari kemarin, termasuk Pulau Subi, Midai, serta Serasan. sementara buat Pulau bahari, tiba pada lokasi di 8 Februari,” kata Kusnaidi.

Dia mengatakan, selain lima pulau tadi, logistik pemilu buat Pulau Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Pulau Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara, Pulau Seluan Kecamatan Seluan, dan Pulau tiga Kecamatan Pulau 3 serta Pulau tiga Barat juga diantar menggunakan kapal kayu.

“Untuk Pulau Seluan gelombangnya cukup tinggi dikirim pakai kapal kayu yang diawasi tim asal KPU, Bawaslu serta Polisi,” kata Kusnaidi. Dari Kusnaidi, masih ada 5 Kecamatan lagi logistik Pemilu 2024 yg belum disalurkan.

“Kecamatan itu berada pada Pulau Bunguran besar seperti Kecamatan Bunguran Timur bahari, Bunguran Timur, Bunguran Selatan, Bunguran Tengah serta Bunguran Batubi,” ucapnya. Kusnadi menjelaskan buat Kabupaten Natuna totaal ada 1.210 kotak bunyi. ada 293.820 surat bunyi yang didistribusikan ke 17 Kecamatan termasuk di Pulau terjauh serta tiga T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). sementara buat jumlah Daftar Pemilih tetap (DPT) pada Natuna berjumlah 57.504 Pemilih.

Film Dirty Vote soal Pemilu Curang, Tim Prabowo & Ganjar Buka suara

Film dokumenter kecurangan pemilu 2024 ‘Dirty Vote’ menjadi polemik. Juga Film yang tayang pada minggu damai Pilpres 2024. Kemarin ini menuai banyak dukungan namun ada jua yang tersinggung. Wakil ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Habiburokhman contohnya. Dia menyebut dokumenter Dirty Vote adalah film yang berisi fitnah. Habib pun mempertanyakan kebenaran ahli-pakar hukum yg hadir di film itu. Habib juga mencurigai dugaan kecurangan yg diarahkan ke Prabowo-Gibran.

“Sebagian akbar yang disampaikan dalam film tersebut adalah sesuatu yg bernada rekaan, narasi kebencian yang sangat asumtif, dan sangat tidak ilmiah,” kata Habib pada jumpa pers di Media Center Prabowo-Gibran, Jakarta. Habib menilai film Dirty Vote sengaja dibuat buat mendegradasi penyelenggaraan Pemilu 2024. beliau menilai tuduhan-tuduhan yang disampaikan pada film tersebut tidak berdasar.

TKN Prabowo-Gibran menurutnya belum akan merogoh langkah hukum. Habib mengatakan TKN sedang penekanan menyongsong hari pemungutan suara. “Jadi, kami cadangkan dulu hak-hak kami buat melakukan langkah aturan,” istilah Wakil koordinator Komisi III dewan perwakilan rakyat itu.

Diungkap Film Dokumenter Tersebut Bukan Sesuatu Baru, Sesuai Dengan Syarat Saat Ini

Di sisi lain, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menilai temuan yg diungkap dalam film dokumenter tersebut bukan sesuatu yg baru serta sesuai dengan syarat saat ini. Deputi Bidang hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis berpendapat film Dirty Vote mampu menjadi pengingat soal maraknya pelanggaran di Pemilu 2024.

“Apa yang ditulis atau dibuat pada film tersebut itu tidak terdapat yg baru sama sekali,” istilah Todung ketika konferensi pers pada Media Center TPN Ganjar-Mahfud. Todung pun menanggapi pernyataan TKN soal film tersebut. Dia tidak putusan bulat menggunakan pernyataan Habiburokhman yang menilai dokumenter itu berisi rekaan. Todung berharap tidak terdapat pihak yg bereaksi hiperbola, apalagi sampai melapor ke polisi.

“Film ini dari aku pendidikan politik yg sangat bagus. Jadi, jangan baper lah, itu saja yg mau aku bilang,” ucap Todung. Sementara itu, calon Wakil Presiden atau cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jua membuat cuitan atas film tadi. Sontak netizen pun akhirnya mengingatkan Cak Imin supaya tidak berkomentar poly pada masa damai Pilpres 2024 ini.

Cuitan Cak Imin sebenarnya hanya berupa pertanyaan. Ia mempertanyakan apakah netizen atau pengikut media sosialnya, telah menonton film tersebut. “Ada yg telah nonton?” tulis Cak Imin seraya mengunggah trailer film tadi.

Baca Juga: Bawaslu Sebut Ada 4.211 TPS di Indonesia Sulit Dijangkau

Beda Surat Bunyi Sah & Tidak Sah di Pemilu 2024

Hari pemungutan suara Pemilu 2024 bakal dilaksanakan di 14 Februari. Masyarakat Indonesia yang memiliki hak menentukan diberi kesempatan buat mencoblos presiden, Wapres, anggota dpr, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta DPD.
masyarakat Indonesia memilih dengan mencoblos surat bunyi. Pilihan masyarakat = dihitung waktu surat bunyi yg dicoblos dinyatakan legal oleh petugas.

Peraturan yang sebagai dasar legal atau tidak sahnya surat bunyi tercantum di Peraturan Komisi Pemilihan awam (PKPU) nomor 25 Tahun 2023 perihal Pemungutan dan Penghitungan bunyi dalam Pemilihan awam.

Surat Suara Sah

suara buat pemilu presiden dan Wakil Presiden dinyatakan legal Bila:

Bunyi buat pemilu anggota dewan perwakilan rakyat, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dinyatakan legal Bila:

suara buat pemilu anggota DPD dinyatakan sah Jika:

Surat suara tidak sah

Setidaknya ada 2 ketentuan yg sebagai dasar surat bunyi dinyatakan tak sah. Ketentuan itu tercantum dalam Pasal 55 PKPU nomor 25 Tahun 2023.

Pertama, Bila surat bunyi ada tulisan serta/atau catatan lain. Maka, surat suara tadi dinyatakan tidak legal. Kedua, surat bunyi yang dicoblos tidak menggunakan alat coblos. Maka, surat suara tadi dinyatakan tidak sah.

Masa Tenang Pilpres 2024, Anies Baswedan Hadiri Ulang Tahun Istri JK

Anies Baswedan menyambangi kediaman mantan Wapres Jusuf Kalla (JK), Mufidah Jusuf Kalla yg merayakan ulang tahun ke-81. Haul ulang tahun digelar di kediaman JK pada kawasan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Anies ditemani istrinya, Ferry Farhati serta sejumlah elit Timnas AMIN. Acara haul istri JK digelar lebih kurang pukul 10.00 WIB, bersama famili dan para kolega. Selain istri, Anies jua ditemani Co-Captain Timnas AMIN, Sudirman Said.

Program diisi dengan sederhana lewat berdoa beserta serta perjamuan mungil. JK mengucapkan terimakasih pada para tamu undangan yang hadir. Meski tidak lagi muda, JK memuji istrinya karena masih berjalan kurang lebih tiga kilometer ketika zenit kampanye AMIN di 10 Februari lalu pada JIS. dia menyebut sisa umur yang tak lagi muda wajib dinikmati menggunakan baik. “Sebab itulah maka, residu hidup yg tidak panjang lagi itu harus kita rasakan menggunakan baik,” kata JK.

Tahapan Pemilu dan Pilpres 2024 sedang memasuki masa tenang sampai 13 Februari mendatang. Namun begitu, para kandidat capres serta cawapres tetap melakukan agenda internal. Selain Anies, capres angka urut tiga, Ganjar Pranowo pula sempat takziah ke Blacius Subono, pemeran Semar pada puncak kampanye paslon nomor urut tiga di Solo, Jawa Tengah.

Kondisi Capres Menang Satu Putaran pada Pilpres 2024

Gelaran Pilpres 2024 mampu berlangsung satu putaran saja apabila pasangan capres-cawapres memenuhi beberapa kondisi yang diatur pada Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 perihal Pemilihan umum .
Pasal 416 ayat 1 UU Pemilu yang mengatur soal kondisi Pilpres bisa berlangsung satu putaran, yakni menjadi berikut.

“Pasangan Calon terpilih adalah Pasangan Calon yang memperoleh bunyi lebih berasal 50 % asal jumlah bunyi pada Pemilu Presiden serta Wakil Presiden menggunakan sedikitnya 20 persen bunyi pada setiap provinsi yg beredar pada lebih asal 1/2 jumlah provinsi pada Indonesia.”

adalah, Pilpres 2024 bisa berlangsung satu putaran apabila hasil Pilpres memenuhi 3 syarat. Pertama, capres dan cawapres mengantongi suara lebih asal 50 persen asal total jumlah bunyi dalam Pilpres 2024.

Kedua, kandidat harus menang lebih asal 1/2 provinsi pada Indonesia, atau minimal 20 dari 38 provinsi di Indonesia Terakhir. Kandidat wajib meraih minimal 20 % suara dari setengah provinsi pada Indonesia.

Pilpres Akan Dilanjutkan Ke Putaran Ke 2 Bila Tidak Ada Kandidat Capres-cawapres Yang  Memenuhi Syarat

Bila tidak ada kandidat capres-cawapres yg memenuhi syarat sinkron aturan di atas, Pilpres akan dilanjutkan ke putaran ke 2. Sementara itu, skenario Pilpres dua putaran pula sudah diatur pada Pasal 416 ayat 2 UU Pemilu yang berbunyi menjadi berikut.

“Didalam hal tidak ada Pasangan Calon terpilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1), 2 (2) Pasangan Calon yang memperoleh bunyi terbanyak pertama dan kedua dipilih pulang sang masyarakat secara pribadi pada Pemilu Presiden serta Wakil Presiden.”

Ke 2, kandidat wajib menang lebih asal setengah provinsi di Indonesia, atau minimal 20 berasal 38 provinsi di Indonesia. Terakhir, kandidat harus meraih minimal 20 persen suara dari setengah provinsi di Indonesia.

Bila tidak ada kandidat capres-cawapres yang memenuhi kondisi sesuai aturan pada atas, Pilpres akan dilanjutkan ke putaran kedua. Sementara itu, skenario Pilpres dua putaran jua telah diatur dalam Pasal 416 ayat dua UU Pemilu yang berbunyi menjadi berikut. “Dalam hal tidak ada Pasangan Calon terpilih sebagaimana dimaksud di ayat (1), dua (dua) Pasangan Calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua dipilih balik sang warga secara eksklusif pada Pemilu Presiden serta Wapres.”

Ialah putaran ke 2 Pilpres hanya akan diikuti sang dua paslon yang mendapat perolehan suara paling tinggi pada putaran pertama. Sementara paslon menggunakan perolehan bunyi paling sedikit akan dinyatakan gugur.

Pilpres 2024 kini tinggal dua hari lagi menjelang proses pencoblosan di 14 Februari terdapat 3 kontestan yakini Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

3 paslon itu telah mengarungi masa kampanye yang dimulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 lalu. Lalu tanggal 11-13 Februari mendatang dilanjutkan dengan masa damai jelang pencoblosan.

Exit mobile version